PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS KOLABORATIF MELALUI PRAKTIKUM TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI KELAS X SMA N 1 SERBAJADI

Leni, (2015) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS KOLABORATIF MELALUI PRAKTIKUM TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI KELAS X SMA N 1 SERBAJADI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. LENI NIM 8126142011 COVER.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LENI NIM 8126142011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LENI NIM 8126142011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LENI NIM 8126142011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. LENI NIM 8126142011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. LENI NIM 8126142011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. LENI NIM 8126142011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LENI NIM 8126142011DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LENI NIM 8126142011 BAB I.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. LENI NIM 8126142011 BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. LENI NIM 8126142011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual berbasis kolaborasi melalui praktikum dengan strategi pembelajaran konvensional (2) Perbedaan hasil belajar kimia siswa dari tingkat kreatifitas rendah, sedang dan tinggi (3) Interaksi antara strategi pembelajaran kontekstual berbasis kolaborasi dan strategi konvensional dengan tingkat kreatifitas dalam mempengaruhi hasil belajar kimia. Penelitian ini bersifat eksperimental. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA kelas X semester genap SMA N 1 Serbajadi Tahun Ajaran 2013/2014. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X A dan kelas X B yang diambil secara Cluster Random Sampling, kelas XA diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) (kelas eksperimen) dan kelas XB diajar dengan model pembelajaran DI (kelas kontrol). Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar kimia dan lembar kuisioner pengukuran kreatifitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians (Anova) 2 jalur dengan SPSS 21 for windows pada taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh bahwa (1) hasil belajar kimia siswa yang mendapat model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbasis kolaborasi melalui praktikum lebig baik secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang mendaapat model pembelajaran Direct Instruction (DI) yang ditunjukkan dari nilai proporsi p (Sig (2-tailed)) = 0,000 (harga p < 0,05). (2) Hasil belajar kimia siswa dengan kreatifitas belajar kimia yang tinggi lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa dengan kreatifitas belajar kimia siswa yang sedang dan rendah, yang ditunjukkan nilai proporsi p (Sig (2-tailed)) = 0,002 (harga p < 0,05). (3) Interaksi antara kreatifitas dengan kedua strategi pembelajaran signifikan. Hal ini ditunjukkan dari nilai proporsi p (Sig (2-tailed)) = 0,022 (harga p < 0,05), maka ada interaksi antara kreatifitas dengan strategi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Thesis advisorMuchtar, Zainuddin196703171992031004
Call Number: 541.372 071 2 Len p
Keywords: Metode eksperimen; Media pembelajaran; Kreativitas siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Jul 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6779

Actions (login required)

View Item View Item