UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 040539 SEBERAYA T.A 2015/2016

mahalni,, eliani (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 040539 SEBERAYA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 1123111026 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 1123111026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 1123111026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 1123111026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 1123111026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 1123111026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 1123111026 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 1123111026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 1123111026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 1123111026 BAB I.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. 1123111026 BAB V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. 1123111026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: motivasi belajar siswa masih rendah, kurangnya kemampuan dan keberanian siswa dalam mengajukan pendapat atau idenya dalam pembelajaran dan kemampuan siswa menerima mata pelajaran IPS masih sangat rendah yang terlihat dari kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode brainstorming pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan indonesia di Kelas V SD Negeri 040539 Seberaya T.A 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040539 Seberaya, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan observasi dan angket. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode brainstorming dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 040539 Seberaya. Hasil penelitian sebelum Siklus I menunjukkan bahwa dari 37 orang siswa terdapat 83,78% siswa (31 orang) kurang termotivasi, hanya 16,22% (6 orang) yang termotivasi dalam belajar IPS. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat diketahui dari rata-rata motivasi belajar siswa secara individu pada setiap siklus dan pertemuan pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan indonesia mengalami peningkatan yaitu dari Siklus I pertemuan I sebesar 42,59%, Siklus I pertemuan II sebesar 71,89% , Siklus II pertemuan I sebesar 80,21% , Siklus II pertemuan II sebesar 86,16%. Pada hasil angket pasca siklus II menunjukkan bahwa dari 37 orang siswa terdapat 96,6% siswa (35 orang) sudah termotivasi, hanya 5,4% siswa (2 orang) belum termotivasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pengamatan dari Siklus I hingga Siklus II, penggunaan model pembelajaran brainstorming yang diterapkan oleh peneliti secara klasikal dipandang baik dan dapat meningkatkan motivasi belajar IPS Pokok bahasan perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas V SD Negeri 040539 Seberaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBukit, Herawaty195408181979032001
Call Number: SK- 2016 PGSD 047
Keywords: Metode Brainstorming; Motivasi Belajar ;
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Jul 2016 04:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6757

Actions (login required)

View Item View Item