HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA DI KELAS VI SD NEGERI NO.101776 SAMPALI TAHUN AJARAN 2015/2016

Nasution, Masrina (2016) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA DI KELAS VI SD NEGERI NO.101776 SAMPALI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 1123311041 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 1123311041 COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 2.  1123311041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 1123311041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (944kB) | Preview
[thumbnail of 3. 1123311041 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. 1123311041 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 4. 1123311041 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 1123311041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 5. 1123311041 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 1123311041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 6. 1123311041 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 1123311041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. 1123311041 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. 1123311041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 8. 1123311041 DAFTAR  LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 1123311041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 9. 1123311041 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. 1123311041 BAB I.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of 13. 1123311041 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. 1123311041 BAB V.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 15. 1123311041 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. 1123311041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kedisiplinan siswa menyebabkan timbulnya perilaku tidak teratur, tidak terkontrol, tidak tertib yang pada gilirannya mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah. Salah satu hal yang menyebabkan tinggi rendahnya kedisiplinan siswa adalah motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Motivasi Belajar dengan Tingkat Kedisiplinan Siswa di Kelas VI SD Negeri No. 101776 Sampali.
Motivasi belajar adalah dorongan yang diterima oleh siswa baik dari dalam maupun luar dirinya yang memberikan semangat atau kekuatan untuk menghasilkan perubahan tingkah laku yang berlangsung secara menetap. Kedisiplinan siswa adalah sikap penuh kerelaan dan kesadaran diri siswa dalam mematuhi segala peraturan yang ada untuk mengembangkan potensi dirinya dan berperilaku beraturan.
Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No 101776 Sampali Tahun Ajaran 2015/2016 dengan populasi sebanyak 60 orang dan sampel dengan sampel 60 orang (α = 0,05). Populasi diambil dari kelas 6. Instrumen yang digunakan dalah angket tertutup dari masing masing variabel dengan skala linkert. Pengujian analisis data yang digunakan adalah normalitas, homogenitas, linieritas, uji korelasi product moment dan uji keberartian hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh gambaran Motivasi belajar kriteria sedang (Mean = 49.75) dan kedisiplinan siswa juga pada kriteria sedang ( Mean = 44,23). Hasil analisis korelasi antara motivasi belajar dengan kedisiplinan siswa diperoleh nilai korelasi 0,516. Dengan membandingkan nilai korelasi dengan nilai rtabel α = 0,05 ( 0,214) maka terdapat korelasi dengan arah yang positif. Dengan menggunakan Koefesien Determinasi maka diperoleh KD = 31.4% ini menunjukkan bahwa 31,4% Motivasi Belajar sebagai penentu Kedisiplinan siswa sedangakan 68,6% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu pola asuh orang tua, anak itu sendiri, sikap pendidik dan Lingkungan. Uji hipotesis dengan Uji t diperoleh nilai 4,59 dan dengan membandingkan kepada nilai ttabel α = 0,05 (2,00030) sehingga penelitian signifikan, maka hipotesis dapat diterima. Ini berarti bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan tingkat kedisiplinan siswa.
Maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi Motivasi belajar, maka semakin tinggi kedisiplinan siswa. Walaupun motivasi belajar mampu meningkatkan kedisiplinan siswa namun sebaiknya kedisiplinan siswa ini dapat diarahkan oleh guru kearah yang lebih baik dengan cara membiasakan budaya disiplin kepada siswa sejak awal di sekolah agar proses belajar mengajar lebih baik dan prestasi belajar siswa juga lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 033
Keywords: Motivasi belajar; Kedisiplinan Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Jul 2016 04:18
Last Modified: 22 Jul 2016 04:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6756

Actions (login required)

View Item
View Item