Fauzi, Kms Muhammad Amin (2012) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF. Jurnal Tabularasa, 09 (01). 01-16. ISSN 1693-7732
Text
Fulltext.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Text
Cover, Redaction, Table of content.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version Download (0B) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version Download (0B) |
Abstract
Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya kemampuan koneksi matematis (KKM). Keberhasilan dalam suatu pembelajaran tidak terlepas pada model pembelajarannya. Dengan membiasakan diri membangun koneksi antar matematika, dapat meningkatkan tingkat inisiatif dalam belajar matematik. Berdasarkan hasil analisis jawaban siswa terhadap tes yang diberikan pada topik persamaan garis lurus diperoleh siswa mengalami peningkatan pada setiap aspek (membuat sketsa grafik, menentukan gradien, menetukan persamaan garis lurus, dan membuat model matematika dan menyelesaikannya) . Siswa yang mendapat pembelajaran PPMG memperoleh peningkatan KKM yang lebih besar untuk semua aspek dari pada pembelajaran PPMK dan pembelajaran PB. Khusus aspek menentukan persamaan garis lurus siswa masih terkendala yang ditunjukkan dari hasil peningkatannya terkecil untuk pembelajan PPMG dan PPMK. Di pembelajaran PB peningkatan terkecil terdapat pada aspek membuat model matematika dan menyelesaikannya. Secara umum siswa kesulitan menentukan persamaan garis lurus khususnya bila diketahui grafik persamaan garis lurusnya
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Analisis; Koneksi Matematis; Pembelajaran; Metakognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 08:31 |
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/674 |
Actions (login required)
View Item |