PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI SPIRITUAL UNTUK KELAS XI SMA/MA SEMESTER 1 BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Fitriani, Fathma (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI SPIRITUAL UNTUK KELAS XI SMA/MA SEMESTER 1 BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar kimia terintegrasi nilai-nilai spiritual untuk kelas XI SMA/MA semester 1 berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang dimodifikasi dari model pengembangan Borg & Gall. Sampel dalam penelitian ini adalah tiga buku ajar kimia SMA/MA kelas XI dari penerbit swasta, 20 guru kimia kelas XI SMA/MA dan 2 dosen program pascasarjana program studi pendidikan kimia Universitas Negeri Medan sebagai validator ahli. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari angket kelayakan berdasarkan BSNP dengan skala 5 dan angket kelayakan pengintegrasian nilai-nilai spiritual dengan skala 4. Hasil analisis berdasarkan BSNP adalah standar kelayakan isi diperoleh rata-rata sebesar 4,26; standar kelayakan bahasa diperoleh rata-rata sebesar 4,32; standar kelayakan penyajian diperoleh rata-rata sebesar 4,39; standar kelayakan kegrafikaan diperoleh rata-rata sebesar 4,37. Sedangkan hasil analisis kelayakan nilai-nilai spiritual diperoleh rata-rata sebesar 3,79. Dari hasil analisis didapatkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMahmud, 195802221989031002
Thesis advisorDarmana, Ayi196608071990101001
Call Number: 540.071 2 Fit p
Keywords: Kurikulum; Bahan ajar; Nilai spiritual; Pendidikan sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6711

Actions (login required)

View Item View Item