PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA DASAR I PERGURUAN TINGGI TERINTEGRASI PENDEKATAN INKUIRI

Lubis, Laila Tussifah (2016) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA DASAR I PERGURUAN TINGGI TERINTEGRASI PENDEKATAN INKUIRI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Judul.pdf]
Preview
Text
1. Judul.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 3. Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 4. Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 6. Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 7. Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 8. Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 14. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh penuntun praktikum kimia dasar I terintegrasi pendekatan inkuiri yang mudah dipahami dan layak digunakan di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang terbatas pada pengembangan,validasi dan ujicoba penggunaan produk. Penuntun praktikum dikembangkan berdasarkan sintak pendekatan inkuiri. Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi, lembar observasi penilaian afektif dan psikomotorik. Sebagai sampel ujicobanya mahasiswa pendidikan kimia UMTS yang diambil secara purposive sampling. Penuntun praktikum disusun dan divalidasi oleh dosen dengan kriteria memiliki pendidikan minimal S2. Hasil validasi dosen terhadap 24 aspek yang dinilai diperoleh rata-rata sebesar 3,88 yang artinya bahwa penuntun praktikum kimia dasar I terintegrasi pendekatan inkuiri layak digunakan. Hasil ujicoba terbatas diperoleh rata-rata pretes sebesar 69,31 dan rata-rata postes sebesar 82,73 serta nilai skor gain sebesar 0,43 yang berarti bahwa penuntun praktikum kimia dasar I dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Hasil penilaian afektif mahasiswa diperoleh rata-rata sebesar 2,5 dan hasil penilaian psikomotrik mahasiwa diperoleh rata-rata sebesar 2,34 yang berarti bahwa nilai afektif dan psikomotirk mahasiswa baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penuntun praktikum kimia dasar I yang ada di UMTS belum sesuai dengan silabus. Diperoleh penuntun praktikum kimia dasar I terintegrasi pendekekatan inkuiri yang sesuai dengan silabus dan layak digunakan. Penuntun praktikum kimia dasar I terintegrasi pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam aspek kognitif,afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.071 1 Lub p
Keywords: Bahan ajar; Pendekatan ilmiah; Praktikum kimia; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
L Education > LT Textbooks
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:16
Last Modified: 21 Jul 2016 08:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6708

Actions (login required)

View Item
View Item