IMPLEMENTASI BAHAN AJAR TERINTEGRASI NILAI SPIRITUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Okmarisa, Heppy (2016) IMPLEMENTASI BAHAN AJAR TERINTEGRASI NILAI SPIRITUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai spiritual dengan buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa melalui model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berorientasi kolaboratif. (2) Apakah pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai spiritual dapat menumbuh kembangkan nilai-nilai spiritual siswa. (3) Apakah terdapat hubungan antara nilai spiritual siswa dengan peningkatan hasil belajar. Sampel terdiri dari dua kelas. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar sebanyak 25 butir soal yang valid dan reliable (0,84), serta instrumen angket dan lembar observasi sikap spiritual. Teknik analisa data dilakukan dengan uji Independent Sample T-test, Correlation dan Regression Linier pada program SPSS 21 for windows dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian dan pengujian menunjukkan : (1) Peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai spiritual lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa melalui model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berorientasi kolaboratif (p = 0,000 < 0,05), nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen 1 sebesar 80% dan kelas eksperimen 2 sebesar 66%, (2) Bahan ajar kimia yang dikembangkan dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai spiritual pada siswa (3) Terdapat hubungan antara nilai spiritual dengan hasil belajar siswa sebesar 26%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDarmana, Ayi196608071990101001
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Call Number: 540.071 2 Okm i
Keywords: Bahan ajar; Sikap spiritual; Model pembelajaran; Ikatan kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
L Education > LT Textbooks
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6705

Actions (login required)

View Item View Item