PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR CONCEPT MAPPING DI KELAS V SDN 107398 DESA SEI ROTAN T.A. 2015/2016

wihartini, kiki (2016) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR CONCEPT MAPPING DI KELAS V SDN 107398 DESA SEI ROTAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1123311038 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1123311038 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1123311038 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1123311038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (619kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1123311038 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1123311038 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1123311038 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1123311038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1123311038 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1123311038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1123311038 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1123311038 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1123311038 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1123311038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1123311038 LIST GRAPHIC.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1123311038 LIST GRAPHIC.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1123311038 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1123311038 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1123311038 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1123311038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1123311038 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1123311038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1123311038 BIBLIOGRPAHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1123311038 BIBLIOGRPAHY.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview

Abstract

Masalahdalampenelitianiniadalahrendahnyaminatbelajarsiswapadapelajaran IPS.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanminatbelajarsiswapadapelajaran IPS denganmenggunakanStrategiBelajarConcept Mapping.
Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas, yang terdiridari 4 tahapyaituperencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi.Adapunsubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelas V SDN 107398 DesaSei Rotan denganobjekpenelitianminatbelajarsiswa.Pengumpulan data padapenelitianinimenggunakanangketdanobservasi.Observasidilakukanuntuk guru dansiswa.
Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwadari 24 siswahanya 3 orang siswa (12,5%) yang berminatpadapelajaran IPS, dan 21 orang siswa (87,5%) masihbelumberminat. BerdasarkanhasilangketawalmakapenelitimelakukantindakandenganmenggunakanStrategibelajarConcept Mapping padasiklus I pertemuanpertamadidapatkanhasilobservasisiswasebesar 51,53%, padapertemuankeduasiklus I didapathasilobservasisiswasebesar 53,98% darikeduahasilobservasitersebutdidapatnilai rata-rata sebesar 52,75% dantergolongrendah. Selainobservasisiswa, observasi guru jugadilakukanpadasiklus I dandiperolehnilaisebesar 68,11% padapertemuanpertama, 75,36% padapertemuankedua, darikeduahasilobservasi guru tersebutdidapat rata-rata observasisebesar 71,73% dantergolongcukupbaik. Berdasarkandari data padasiklus I masihdidapatnilai yang kurangbaiksehinggapenelitimelanjutkantindakansiklus II.Padapertemuanpertama di siklus II diperolehhasilobservasisiswasebesar 87,43% danpadapertemuankeduadiperolehhasilobservasisiswasebesar 95,28%, darikeduahasilobservasitersebutmakadidapatkanhasil rata-rata observasisiswasebesar 91,35% dantergolongsangattinggi. Hasilobservasi guru padasiklus II pertemuanpertamadiperolehhasilsebesar 88,4% dan 97,1% padapertemuankeduadari data tersebutdiperolehnilai rata-rata observasi guru sebesar 92,75% dantergolongsangattinggi. Setelahberakhirnyatindakansiklus I dansiklus II, penelitikembalimemberikanangketminatbelajarsiswadandiperolehhasilyaitudari 24 orang siswaterdapat 21 orang siswa (87,5%) termasukdalamkategoriberminatdansangatberminat, sedangkan 3 orang siswa (12,5%) masihtergolongdalamkategoritidakdankurangberminat.
DengandemikiandapatdisimpulkanbahwastrategibelajarConcept Mapping dapatmeningkatkanminatbelajarsiswapadapelajaran IPS materiperjuanganmelawanpenjajahdi kelas V SDN 107398 DesaSei Rotantahunajaran 2015-2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK- 2016 PGSD 074
Uncontrolled Keywords: Concept Mapping ; IPS ; Stategi Belajar ;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2016 07:13
Last Modified: 21 Jul 2016 07:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6695

Actions (login required)

View Item
View Item