PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA INOVATIF PADA POKOK BAHASAN SENYAWA KARBON UNTUK KELAS XII SMA/MA

Yulia, Raja Hafsya (2016) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA INOVATIF PADA POKOK BAHASAN SENYAWA KARBON UNTUK KELAS XII SMA/MA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Memperoleh penuntun praktikum kimia inovatif yang terintegrasi model Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan senyawa karbon, 2) Mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan dengan penuntun praktikum yang dipakai sekolah. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang dimodifikasi dari model pengembangan Borg & Gall. Sampel dalam penelitian ini adalah tiga penuntun praktikum kimia SMA/MA kelas XII dari penerbit swasta, 20 guru kimia SMA/MA dan 2 dosen program pascasarjana program studi pendidikan kimia Universitas Negeri Medan sebagai validator ahli, dan 50 siswa kelas XII IPA. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari angket kelayakan berdasarkan BSNP yang telah dimodifikasi dengan skala 5 dan tes hasil belajar siswa yang akan dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test pada program SPSS 21 for windows dengan taraf signifikan 0,05. Hasil analisis berdasarkan BSNP adalah standar kelayakan isi diperoleh rata-rata sebesar 4,42 (sangat layak); standar kelayakan bahasa diperoleh rata-rata sebesar 4,12 (layak); standar kelayakan penyajian diperoleh rata-rata sebesar 4,40 (sangat layak); standar kelayakan kegrafikaan diperoleh rata-rata sebesar 4,18 (layak). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil analisis didapatkan bahwa penuntun praktikum yang dikembangkan layak dipergunakan dalam pembelajaran kimia dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHutabarat, Wesly195107201977101001
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Call Number: 546.681 207 12 Yul p
Keywords: Pembelajaran inovatif; Problem based learning; Penuntun praktikum; Penilaian pisikomotorik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Jul 2016 04:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6682

Actions (login required)

View Item View Item