PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA

Fitriani, Ria (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar interaktif berbasis web. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah bahan ajar pokok bahasan kesetimbangan kimia. Adapun sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 20 orang guru kimia kelas XI di kota medan, 2 orang dosen Universitas Negeri Medan, dan 80 orang siswa. Penilaian dilakukan dengan 2 cara, yaitu berdasarkan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) dan standar kelayakan media. Hasil analisis berdasarkan BSNP diperoleh, aspek kelayakan isi 4,02 adalah valid, artinya layak dan tidak perlu revisi, aspek kelayakan bahasa 4,05 adalah valid, artinya layak dan tidak perlu revisi, aspek kelayakan penyajian 4,18 adalah valid, artinya layak dan tidak perlu revisi, aspek kelayakan kegrafikan 4,05 adalah valid, artinya layak dan tidak perlu revisi. Hasil analisis berdasarkan standar kelayakan media diperoleh, aspek tampilan multimedia 4,14 adalah valid, artinya layak dan tidak perlu revisi, aspek pemrograman 4,45 adalah valid, artinya layak dan tidak perlu revisi, aspek isi web 4,3 adalah valid, artinya layak dan tidak perlu revis. Pengujian bahan ajar terhadap siswa menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan bahan ajar interaktif berbasis web yang telah dikembangkan, sedangkan di kelas kontrol dengan menggunakan buku teks materi kesetimbangan kimia. Berdasarkan perhitungan gain, peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar kimia interaktif berbasis web sebesar 71,53% termasuk kategori tinggi. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan buku teks sebesar 66,67% termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMahmud, 195802221989031002
Thesis advisorEddiyanto, 196704251994031012
Call Number: 540.071 2 Fit p
Keywords: Bahan ajar; Interaktif; E-learning; Web; Mata pelajaran kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Jul 2016 04:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6679

Actions (login required)

View Item View Item