MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT SENTENCE PADA KELAS IV SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA T.A 2015/2016.

Sinaga, Lusi Ana Christina (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT SENTENCE PADA KELAS IV SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 1123111048 COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 1123111048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 1123111048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 1123111048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 1123111048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 1123111048 TABLES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 1123111048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 1123111048 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 1123111048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 1123111048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 1123111048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas IVB SD Negeri 106163 Bandar Klippa, ditemukan masalah dalam pembelajaran menulis karangan narasi yang belum optimal. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman siswa terhadap keterampilan menulis, cara membuat tulisan yang baik, dan sulitnya membuat tulisan berupa karangan yang biasanya membutuhkan waktu lama dan membosankan sehingga berakibat pada pembelajaran yang tidak optimal. Maka diperlukan sebuah upaya untuk memperbaiki rendahnya keterampilan menulis siswa yaitu melalui penggunaan model pembelajaran concept sentence. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada kelas IV SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah melalui penggunaan model concept sentence dapat mengetahui gambaran keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis karangan narasi. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 33 orang siswa kelas IVB SD Negeri 106163 Bandar Klippa yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi serta dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) keterampilan guru siklus I memperoleh persentase sebesar 67,5% dengan kategori cukup, sedangkan siklus II memperoleh persentase sebesar 75% dengan kategori baik; (2) aktivitas siswa siklus I memperoleh persentase 59,6 dengan kategori kurang, sedangkan siklus II memperoleh persentase sebesar 70% dengan kategori baik; (3) keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 61,06, sedangkan siklus II memperoleh rata-rata nilai 71,67. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai persentase 54,54% dengan jumlah siswa yang terampil sebanyak 18 orang siswa sedangkan siklus II mencapai persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,88% dengan jumlah siswa yang terampil sebanyak 29 orang siswa. Berdasarkan penjelasan yang telah dipaparkan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model concept sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 106163 Bandar Klippa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Eva Betty196110261987032001
Call Number: SK_2016 PGSD 070
Keywords: Hakekat Bahasa; Keterampilan Menulis Narasi; Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2016 03:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6674

Actions (login required)

View Item View Item