MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 101775 SAMPALI

sianturi, febi lola fitryana (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 101775 SAMPALI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 1123111033.COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM.112311033.APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM.1123111033.ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1123111033. PREFACE.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1123111033. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1123111033. TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1123111033. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1123111033. APENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1123111033. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1123111033. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM. 1123111033. BIBLIOGRAPY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Masalahdalampenelitianiniadalahrendahnyaaktivitassiswadalambelajar IPA. Rendahnyaaktvitasinidisebabkankarenapembelajaran IPA dianggapsebagaipembelajaran yang membosankan, pembelajaranmasihterpusatpada guru, guru masihmenggunakan modelpembelajarankonvensional, komunikasi yang dilakukanmasihsatuarah, dankurangnya media yang digunakan guru dalampembelajaran IPA. Tujuandalampenelitianiniadalahuntukmeningkatkanaktivitasbelajarsiswadenganmenggunakan model pembelajaranStudent Facilitator And Explainingpadamatapelajaran IPA di kelas V SDN 101775 Sampali. Pendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatif. Jenispenelitianiniadalah ”PenelitianTindakanKelas”. Penelitianiniterdiridari 2 siklusyaitusiklus I dansiklus II Masing-masingterdiridari 2 kali pertemuan. Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas V SDN 101775 Sampali yang berjumlah 24 orang siswa yang terdiridari 14 orang laki-lakidan 10 orang perempuan, sedangkanobjekdalampenelitianiniadalahpenggunaan model pembelajaranStudent Facilitator And Explaininguntukmeningkatkanaktivitasbelajar IPA. Alat yang dikumpulkandalampengumpulan data adalahlembarobservasi. Adapun yang dianalisisdalamlembarobservasiadalahaktivitasbelajarmengajarsiswadan guru selama proses pembelajaranberlangsung. Berdasarkanhasilpenelitianmenunjukkandarijumlahsiswa 30 orang di kelas V SDN 057203 StabatKab.Langkatbahwapadasiklus I pertemuan I nilai rata-rata kelasadalah 55,04 danpadapertemuan II nilai rata-rata kelasadalah 72,46. Sedangkanpadasiklus II pertemuan I nilai rata-rata kelasadalah 76,66danpadapertemuan II nilai rata-rata kelasadalah 80,20. Jumlahsiswa yang aktifpadasetiapaspekaktivitasbelajarsiswajugamengalamipeningkatanpadasetiappertemuan. Siklus I pertemuan I jumlahsiswa yang aktifadalah 8 orang denganpersentase 33,33% danpadapertemuan II jumlahsiswa yang aktif 14 orang denganpersentase 58,33%, padasiklus II pertemuan I jumlahsiswa yang aktifadalah 18 orang denganpersentase 75% danpadapertemuan II jumlahsiswa yang aktifadalah 30 orang denganpersentase 100%. Untukhasilpersentase guru dalamsetiappertemuanjugamengalamipeningkatanpadasiklus I pertemuan I nilaipersentase yang diperoleh guru 56,25%, padasiklus I pertemuan II hasil yang diperoleh 71,87%, sedangkanpadasiklus II pertemuan I hasil yang di peroleh 75%,pada siklus II pertemuan II hasil yang diperoleh 84,37%. Dari hasiltemuanpenelitian di atasdapatdisimpulkanbahwaaktivitasbelajarsiswaakanmeningkatbilamenggunakan model pembelajaranStudent Facilitator And Explainingpadamatapelajaran IPA pokokbahasan Gaya danPengaruhnya di kelas V SD Negeri 101775 Sampali. Disarankan agar guru dapatmenggunakan model pembelajaraninidalam proses belajarmengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAnwar, Khairul195807091985011001
Call Number: SK- 2016 PGSD 141
Keywords: Aktivitas Belajar ; Student Facilitator And Explaining ; IPA;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2016 03:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6672

Actions (login required)

View Item View Item