EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA DAN PRAKTIKUM PADA STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

Tarigan, Ndameken Br (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA DAN PRAKTIKUM PADA STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8116142015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8116142015 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8116142015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8116142015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8116142015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8116142015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8116142015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8116142015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8116142015 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8116142015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8116142015 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8116142015 TABLES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8116142015 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8116142015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8116142015 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8116142015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8116142015 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8116142015 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8116142015 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8116142015 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8116142015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8116142015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1)Apakah terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan melalui strategi pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan multimedia dan melalui praktikum? (2)Apakah terdapat perbedaan karakter kreatifitas belajar siswa yang diajarkan melalui strategi pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan multimedia dan melalui praktikum? (3)Apakah terdapat hubungan antara hasil belajar dan karakter kreatifitas siswa yang diajarkan melalui strategi pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan multimedia?(4)Apakah terdapat hubungan antara hasil belajar dan karakter kreatifitas siswa yang diajarkan melalui strategi pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan praktikum ?(5)Model pembelajaran mana yang paling efektif untuk meningkatkan karakter kreatifitas siswa SMA kelas XII IPA?(6)Model pembelajaran manakah yang paling efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA kelas XII IPA?. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas XII Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014, dan sampel berasal dari SMA Negeri 2 Kabanjahe berjumlah dua kelas sebanyak 52 siswa, kelas pertama sebagai kelas eksperiment 1 (Pembelajaran Berbasis Masalah + Multimedia) kelas kedua sebagai kelas eksperiment 2 (Pembelajaran Berbasis Masalah + Praktikum). Teknik analisis data yang dilakukan dengan Uji Independent T-Test dan uji korelasi pada taraf signifikansi 0,05. Uji persyaratan analisis digunakan uji Kolmogorov-Smirnov untuk uji normalitas dan uji Chi-Squere untuk uji homogenitas. Reliabilitas tes hasil belajar (pada Reability statistik) = 0,827, ternyata lebih besar dari rtabel = 0,312, maka tes yang diuji cobakan reliabel.
Hasil pengujian hipotesa menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar kimia siswa SMA yang diajarkan melalui strategi Pembelajaran Berbasis Masalah menggunakan praktikum lebih tinggi dibanding dengan yang diajarkan melalui strategi Pembelajaran Berbasis Masalah menggunakan multimedia. Dengan F hitung hitung 0,376 dengan sig (2 tailed) = 0,006 < 0,05. (2) Kreatifitas belajar melalui strategi Pembelajaran Berbasis Masalah yang menggunakan praktikum lebih tinggi dibanding kreatifitas menggunakan multimedia. Dengan F hitung 10,006 dengan sig (2 tailed) = 0,023 < 0,05. (3) Terdapat hubungan antara kreatifitas belajar melalui strategi Pembelajaran Berbasis Masalah yang menggunakan multimedia terhadap hasil belajar kimia siswa SMA. Dengan nilai sig = 0,024 < 0,05 dan diperoleh nilai R2 = 0,158 yang artinya kontribusinya sebesar 15.8%. (4) Terdapat hubungan antara kreatifitas belajar melalui strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan praktikum terhadap hasil belajar kimia siswa SMA.Dengan nilai sig= 0,000 < 0,05, dan R2 = 0,186 yang sekaligus berarti besarnya kontribusi antara kreatifitas dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah melalui praktikum sebesar 18,6%. (5) Model pembelajaran menggunakan praktikum lebih efektif dibanding multimedia untuk meningkatkan karakter kreatifitas siswa SMA. (6) Model pembelajaran menggunakan praktikum lebih efektif dibanding multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541.341 5 Tar e
Uncontrolled Keywords: Multimedia; Pendidikan karakter; Media pembelajaran; Laboratorium
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Jul 2016 03:17
Last Modified: 21 Jul 2016 03:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6667

Actions (login required)

View Item
View Item