MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 153035 RINABOLAK KAB. TAP-TENG T.A 2015/2016

tanjung, hijrah apriliani (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 153035 RINABOLAK KAB. TAP-TENG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 1121111005 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 1121111005 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 1121111005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 1121111005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 1121111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 1121111005 TABLE.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 1121111005.LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 1121111005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 1121111005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1121111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran IPA berpusat pada guru. Model pembelajaran yang digunakan juga bersifat konvensional sehingga mengakibatkan siswa tidak aktif dan hasil belajarnya pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui Metode Diskusi pada mata pelajaran IPA materi Penggolongan Hewan di kelas IV SD Negeri 153035 Rinabolak. Jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang terdiri dari dua siklus.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 153035 Rinabolak berjumlah 27 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan pemberian tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar siswa. Secara individual siswa dikatakan tuntas jika memenuhi nilai KKM yang ditentukan sekolah untuk mata pelajaran IPA yaitu 65 dan secara klasikal dikatakan tuntas jika ≥80% siswa yang tuntas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Diskusi pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 153035 Rinabolak. Dari hasil pre tes diperoleh ketuntasan belajar sebesar 40,74% serta aktivitas siswa kurang 50% setelah dilakukan siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 62,96%. Pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 81,48%. Peningkatan hasil belajar siswa dari keadaan awal ( pre tes) ke siklus I sebesar 22,22% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 18,52%. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA dengan materi Penggolongan Hewan di kelas IV SD Negeri 153035 Rinabolak T. A 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNurmayani, -196111111988032001
Call Number: SK- 2016 PGSD 007
Keywords: Metode Diskusi;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2016 02:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6652

Actions (login required)

View Item View Item