MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2015/2016.

Permatasari, Endah (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.1123111027 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.1123111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.1123111027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.1123111027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.1123111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM.1123111027 TABLE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.1123111027 LIST GRAPHIC.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM.1123111027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM.1123111027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM.1123111027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.1123111027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM.1123111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok mengomentari persoalan faktual di kelas V SD Negeri 101767 Tembung T.A 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung yang berjumlah 21 orang siswa yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan dua siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan tes. Tes yang diberikan sebanyak 5 soal berbentuk essay tes. Soal yang diberikan sebanyak 3 kali yaitu pretest, Siklus I dan Siklus II. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat pretest sebelum dilakukan tindakan diperoleh dari 21orang siswa 3 orang siswa (14,29%) telah mencapai standar ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas 55,95 dan 18 orang siswa (85,71%) yang belum tuntas dalam belajar, selanjutnya pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 71,19 dengan tingkat belajar siswa dari 21 orang siswa sebanyak 15 orang siswa (71,43%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 6 orang siswa (28,57%) belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80 dengan tingkat belajar siswa sebanyak 19 orang siswa (90,48%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 2 orang siswa (9,52%) belaum mencapai ketuntasan belajar, sehingga secara klasikal kelas tersebut telah tuntas belajar karena telah memenuhi standar minimal 80% dari jumlah keseluruhan siswa yang mencapai ketuntasan secara individual. Berdasarkan hasil observasi diperoleh data bahwa proses belajar mengajar telah berlangsung dengan baik. Hasil observasi pada siklus II mengalami peningkatan dari hasil observasi siklus I. Hasil observasi guru pada siklus I adalah 84,61 (baik) sedangkan pada siklus II adalah 96,5 (sangat baik). Hasil observasi siswa pada siklus I adalah 68,80 (cukup), sedangkan pada siklus II adalah 77,02 (baik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok mengomentari persoalan faktual di kelas V SD Negeri 101767 Tembung T.A 2015/2016. Guru disarankan dalam pembelajaran dapat menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanihuruk, Akden195612311988031008
Call Number: SK-2016 PGSD 092
Keywords: Model Pembelajaran; Belajar; Pembahasan Materi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6636

Actions (login required)

View Item View Item