MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 101774 SAMPALI TA 2011/ 2012

Pinem, Nurul Rafika (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 101774 SAMPALI TA 2011/ 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313252 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313252 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313252 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313252 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313252 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313252 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313252 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313252 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313252 BAB I.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313252 BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313252 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk usaha meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Tanya Jawab Di Kelas IV SDN 101774 Sampali .popoluasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 101774 Sampali Adapun masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam menyimak wacana pada mata pelajaran bahasa indonesia. Penelitian ini menngunakan rancangan (PTK) dimana peneliti bertindak sebagai pengajar langsung sedangkan guru kelas sebagai pengamat (observer) penelitian ini terdiri dari Siklus yang dimulai dari perencanaan,pelaksanaan ,observasi dan refleksi.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, Siklus I dan Siklus II masing-masing memiliki dua pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakukan test hasil belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa. Dari hasil analisis data diperoleh 3 siswa (7.8% ) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 35 siswa (92,10% ) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dari pretest diperoleh nilai rata-rata 40. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 16 siswa (42,10%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 22 siswa (57,89%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 64. Dari hasil tes pada siklus II diperoleh 34 siswa (89,47%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 10,52 Dengan melihat keberhasilan proses pembelajaran yang menggunakan metode Tanya Jawab , maka perlu dipertimbangkan untuk menggunakan metode ini pada materi Bahasa Indonesia yang lain atau untuk pembelajaran bidang studi lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSyamsuarni, UNSPECIFIED
Call Number: 372.2 Pin m
Keywords: Hasil Belajar; Metode Tanya Jawab; Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6596

Actions (login required)

View Item View Item