MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SD NEGERI 104202 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2011/2012

Harahap, Julian Velly (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SD NEGERI 104202 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1104311031 - COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311031 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311031-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311031-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311031 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311031 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311031 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311031 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311031-BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311031-BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311031-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311031 - DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas V SD Negeri 104202 Bandar Setia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika meteri pokok menghitung luas bangun datar. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas V/a SD Negeri N0.104202 Bandar Setia yang berjumlah 39 orang siswa. Penentuan subjek penelitian diperoleh berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti. Dimana saat observasi, hampir seluruh siswa yang hasil belajarnya masih rendah khususnya pada pelajaran matematika, sehingga peneliti berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilkukan dua kali pertemuan dan masing – masing pertemuan selama 2 x 35 menit. Dalam setiap siklus akan diberikan tes kepada siswa untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dari 39 orang siswa, siswa yang tuntas hasil belajarnya pada kondisi awal hanya 5 orang siswa ( 12,82% ) dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 34 orang siswa ( 87,18% ) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 43,33. Setelah diadakan tindakan pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 20 orang siswa ( 51,28% ) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 19 orang siswa ( 48,72%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 65,12 Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 34 orang siswa ( 87,18% ). Dan 5 orang siswa ( 12,82% ) yang belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 77,17. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi di kelas V/A SD Negeri N0.104202 Bandar Setia Dengan hasil yang diperoleh dari 39 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukanya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan hasil belajar. Ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi pokok menghituing luas bangun datar di Kelas V SD Negeri N0.104202 Bandar Setia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRitonga, Mastiana195409291978032001
Call Number: 372.2 Har m
Keywords: Hasil Belajar; Siswa; Metode Demonstrasi; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6579

Actions (login required)

View Item View Item