MENINGKATKAN BASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING DI KELAS IV SD NEGERI Q20267 BINJAI KOTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Rahmawati, (2012) MENINGKATKAN BASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING DI KELAS IV SD NEGERI Q20267 BINJAI KOTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313266 - COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313266 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313266 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313266 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313266 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313266 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313266 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313266 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313266 - BAB I.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313266 - BAB V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313266 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313266 - DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajarsiswa pada mata pelajaran IPA. Ini merupakan salah satu upaya yang dilakukanuntuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Neger i 020267 Binjai Kotamenggunakan Kooperatif tipe Guided Teaching. Sebab pembelajaran GuidedTeaching ini merupakan strategi belajar yang menuntut kerjasama, interaksi, sertakeaktifan siswa dalam kelompok dan siswa saling membantu dalam memahaniikonsep pembelajaran dan memperbaiki jawaban yang bertujuan untuk memotivasibelajar yang optimal.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalampembelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam dengan menggunakan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Guided Teaching Pada siswa kelas IV SD Negeri020267 Binjai. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa IV SD Negeri020267 Binjai dengan jumlah 53 orang siswa.Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes,pilihan berganda serta lembar kerja siswa pada setiap siklus berlangsung.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakandalam dua kali pertemuan.Berdasarkan hasil pre test menunjukkan dari 53 orang siswa hanya 16orang (30,19%) siswa yang tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata 56,4. Padasiklus I terdapat sebanyak 28 orang (52,83%) siswa yang tuntas dalam belajardengan nilai rata-rata 64,7. Ini menunjukkan terjadi peningkatan dari tessebelumnya. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar sebanyak 49orang (92,45%) siswa yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 82,1.Jika dibandingkan pada siklus I ketuntasan belajar siswa pada siklus II semakinmeningkat. Dengan melihat nilai pada siklus II, siswa telah mencapai ketuntasanbelajar secara klasikal, sehingga tidak perlu melakukan siklus ber ikutnya.Temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan modelpembelajaran kooperatif Tipe Guided Teching dapat meningkatkan hasil belajarsiswa pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Neger i 020267 Binjai KotaTahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorWau, Yasaratodo195901011986011002
Call Number: 372.2 Rah m
Keywords: Hasil Belajar; IPA; Pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6578

Actions (login required)

View Item View Item