MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DI KELAS V SD MELATI MARELAN TA 2011/2012

Dwika, (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DI KELAS V SD MELATI MARELAN TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313076 cover.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313076 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313076 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313076 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313076 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313076 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313076 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313076 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313076 BAB I.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313076 BAB V.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313076 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahya hasil belajar siswa pada sains di V SD Melati Marelan TA 2011/2012. Penelitian ini bertujuan “Untuk Meningkatkan hasil belajar sains siswa dengan menggunakan Metode PBL (Problem Based Learning) pada Materi Pelajaran Sifat-Sifat Cahaya di Kelas V SD Melati Marelan TA 2011/2012”. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Melati Marelan yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan pretest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran metode Problem Base Learning (PBL). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif . Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pretes dari 30 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 4 orang siswa 13% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 26 orang siswa 87% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 39,25. Pada siklus I terdapat terdapat sebanyak 18 orang siswa 60% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 12 orang siswa 40% mendapat nilai belum tuntas dengan rata-rata nilai rata-rata 67,33. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 29 orang siswa 96,7% yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 1 orang siswa 3,3% yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 87,3. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Problem Base Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD Melati Marelan Tahun Ajaran 2011/2012. Oleh karena itu, guru sebaiknya menggunakan metode Problem Base Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains khususnya materi pokok sifat-sifat cahaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanihuruk, Akden195612311988031008
Call Number: 372.2 Dwi m
Keywords: Hasil Belajar; Sains; Metode Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6564

Actions (login required)

View Item View Item