MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) KELAS V DI SD NEGERI 105329 WONOSARI TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2011-2012

Sahara, Rama (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) KELAS V DI SD NEGERI 105329 WONOSARI TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2011-2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313269 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313269 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313269 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313269 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313269 BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313269 BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains,proses pembelajaran yang masih monoton dan pemilihan strategi pembelajaran yang tidak tepat dan kurang berpariasi.Dan dengan menggunakan Strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 105329 wonosari Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2011-2012.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan strategi pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) dapat meningkatkan hasil belajar sains pokok bahasan pesawat sederhana pada siswa kelas V SD Negeri 105329 wonosari tanjung morawa TA 2011/2012.Menurut (Winarti,2009:70) pesawat sederhana dikelompokkan menjadi empat jenis,yaitu: Tuas, bidang miring, katrol,dan roda berporos. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini terdiri dari 2 Siklus, Siklus I dan Siklus II masing-masing memiliki dua pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakukan test hasil belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa. Jumlah subjek sebanyak 28 siswa yang berasal dari kelas V pada tahun ajaran 2011/2012, untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara memberi test.Dari hasil analisis data diperoleh 4 siswa (14% ) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 24 siswa (85% ) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dari pretest diperoleh nilai rata-rata 47,8. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 8 siswa (28%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 20 siswa (71%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 60. Dari hasil tes pada siklus II diperoleh 25 siswa (89 %) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 80.Berdasarkan Hasil Observasi yang dilakukan, Pada Observasi kegiatan guru siklus I dan II nilai yang diperoleh adalah 75 dan 85, sedangkan Pada Observasi kegiatan siswa Siklus I dan II nilai yang diperoleh adalah 83,3 dan 91,6.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Strategi pembelajaran CTL (contextual teaching and learning)dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 105329 Wonosari Tanjung Morawa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Strategi pembelajaran CTL(contextual teaching and learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKamtini, 197012011997022001
Call Number: 372.2 Sah m
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Contextual Teaching and Learning; SAINS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6551

Actions (login required)

View Item View Item