MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB PADA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN ALAT TEKNOLOGI PRODUKSI SISWA KELAS IV SD NEGERI 101774 SAMPALI TAHUN AJARAN 2011/2012. FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.

Sinulingga, Irma Novita Sari (2012) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB PADA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN ALAT TEKNOLOGI PRODUKSI SISWA KELAS IV SD NEGERI 101774 SAMPALI TAHUN AJARAN 2011/2012. FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108113034 COVER.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113034 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113034 BAB I.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113034 BAB V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya minat dan kemauan siswapada mata pelajaran IPS. Pembelajaran masih bersifat monoton dan kurang menarik,Pembelajaran terpusat pada buku (teks book), Banyak siswa yang kurang memahami materipelajaran, Banyak siswa takut untuk bertanya kepada guru dan guru cenderung mengajardengan metode ceramah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakahdengan menggunakan metode tanya jawab dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswakelas IV SD Negeri 101774 Sampali pada pokok bahasan perkembangan alat teknologiproduksi?”.Jenis penelitian ini adalah PTK. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri101774 Sampali Tahun Ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 30. Sedangkan objeknyadalam PTK ini adalah penggunaan metode tanya jawab dalam meningkatkan keterampilanbertanya siswa. Penentuan subjek diperoleh berdasarkan observasi terhadap kelas yang akanditeliti dan berdasarkan hasil rujukan dar i kepala sekolah. Pelaksanaan PTK dilakukan selama2 bulan mulai Mei sampai dengan Juni. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitulembar observasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan mengetahui persentasetingkat keterampilan siswa.. Pada hasil observasi keterampilan bertanya awal siswa (prasiklus) terdapat 26 orang(86,7%) kurang terampil terdiri dar i 14 Perempuan dan 12 laki- laki, dan 4 orang (13,3%)yang cukup terampil, terdiri dari 2 perempuan dan 2 laki- laki dengan nilai rata-rata padaprasiklus adalah 6,17. Pada hasil observasi keterampilan bertanya siklus II terdapat 3 orang(10%) yang sudah cukup terampil, terdiri dari 3 perempuan dan 1 laki- laki. 22 orang (73,3%)yang terampil bertanya, terdiri dari 10 perempuan dan 12 laki-laki. Serta 5 orang (16,7%)yang sangat terampil bertanya, terdiri dari 3 perempuan dan 2 laki-laki dengan nilai rata-ratapada siklus II adalah 15,27. Dan tidak seorang siswa pun yang termasuk kurang terampildalam bertanya pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaanmetode tanya jawab dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa. Disarankan bagi guruyang ingin menggunakan metode tanya jawab sebaiknya mempersiapkan media yang benarbenarmemudahkan siswa untuk memahami contoh yang dijelaskan dan sebagai pembandingbagi peneliti lain yang melakukan penelitian yang sama .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTarigan, Daitin195901021983031001
Call Number: 372. Sin m
Keywords: Keterampilan;Pelajaran ;IPS; Metode
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6548

Actions (login required)

View Item View Item