PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SAINS SISWA KELAS V SD NEGERI 020268 BINJAI TIMUR T.P. 2011/2012

Harahap, Wahid Muharrom (2012) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SAINS SISWA KELAS V SD NEGERI 020268 BINJAI TIMUR T.P. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313391 COVER.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313391 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313391 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313391 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313391 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313391 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313391 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313391 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313391 BAB I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313391 BAB V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313391 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian adalah rendahnya prestasi sains siswa dan siswa kurang memiliki kebiasaan maupun motivasi untuk membaca atau meminjam buku di perpustakaan. Guru kurang mendorong, memotivasi maupun membiasakan siswa untuk membaca buku di perpustakaan sebagai sumber belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh positif pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar sains siswa kelas V SD Negeri 020268 Binjai Timur pada semester genap T.P. 2011/2012. Pemanfaatan perpustakaan adalah pemanfaatan koleksi bahan pustaka baik berupa buku maupun non buku secara efektif dan efisien. Indikator pemanfaatan perpustakaan dalam penelitian meliputi: 1) frekuensi kunjungan siswa ke perpustakaan, 2) kondisi sumber belajar di perpustakaan, 3) aktivitas siswa di perpustakaan, dan 4) penggunaan sumber belajar sains di perpustakaan. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai siswa setelah belajar sains dalam kurun waktu tertentu (dalam hal ini satu semester) yang dapat dilihat dari nilai raport siswa.Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 020268 Binjai Timur T.P. 2011/2012 yang berjumlah 30 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa atau total unit populasi. Instrumen yang digunakan adalah angket pemanfaatan perpustakaan sebanyak 23 butir pertanyaan yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta studi dokumentasi (nilai raport). Teknik analisis data menggunakan uji kolerasi Product Momen dan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan oleh siswa kelas V SD Negeri 020268 Binjai Timur T.P 2011/2012 tergolong baik dengan rata-rata skor sebesar 49,5 serta prestasi belajar sains siswa tergolong cukup dengan rata-rata nilai 72,5. Hasil pengujian hipotesis diperoleh rxy > rtabel yaitu 0,485 > 0,361 dan thitung > ttabel yaitu 2,244 > 1,70. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh I = 23,52%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar sains siswa kelas V SD Negeri 020268 Binjai Timur pada semester genap T.P. 2011/2012. Pemanfaatan perpustakaan oleh siswa memberikan kontribusi atau pengaruh positif sebesar 23,52% terhadap prestasi belajar sains siswa dengan persamaan regresi sederhana Ŷ = 52,981 + 0,3943X. Hal ini memberi makna bahwa semakin baik siswa dalam memanfaatkan perpustakaan maka semakin tinggi atau baik pula prestasi belajar sains yang dicapai siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurmaniah, 195609141980032002
Call Number: 372.2 Har p
Keywords: Pemanfaatan Perpustakaan; Prestasi Belajar; SAINS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6543

Actions (login required)

View Item View Item