PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN, SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 101774 SAMPALI T.A.2011/2012

Lisma, E. Arnita (2012) PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN, SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 101774 SAMPALI T.A.2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313077 COVER.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313077 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313077 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313077 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313077 BAB I.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313077 BAB V.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313077 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dengan menggunakanstrategi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi Sumber daya alam dan lingkungan di kelas IV SD Negeri 101774 Sampali T.A.2011/2012.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalahApakah dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ini Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPApada pokok bahasan sumber daya alam dan lingkungan,siswa di kelas IV SD Negeri 101774 SampaliT.A 2011/2012?Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 siswa yang berasal dari kelas IV-B pada tahun ajaran 2011/2012, untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian pengumpulan data dengan cara memberi test.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, Siklus I dan Siklus II masing-masing memiliki dua pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakukan test hasil belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa.Dari hasil analisis data diperoleh siswa 7 (21,87% ) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 25 siswa (78,12%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dari pretest diperoleh nilai rata-rata 52,03. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 9 siswa (28,12%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 23 siswa (71,87%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 60,47. Dari hasil tes pada siklus II diperoleh 29 siswa (90,62%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, dan 3 siswa (9,37%) dengan nilai rata-rata 80,16Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Strategi pembelajaran kooperatif tipe STADdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101774 Sampali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sumber daya alam dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRay, Damaiwaty195710011982032002
Call Number: 372.2 Lis p
Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Hasil Belajar; IPA; Sumber Daya Alam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6538

Actions (login required)

View Item View Item