nilai menjadi mengetahui diteliti menunjukkan serta berbentuk refleksi yakni model demikian gesek IPA melihat penentuan sedangkan 108313144 menjadi80 tanjung test maupun 018451 dilakukan bahasan jadi siklu variasi terhadap bahwa teknik jeni 2012 tidak tindakan pada pokok soal tahap ceramah perencanaan kegiatan mengikuti 20ll kontekstual dua kesan terdiri aktif masalah adalah memenuhi tunta materi berjumlah belum rendahnya untuk sebanyak negeri dan naik ajaran bemakna selanjutnya kali ata siswa meningkatkan diambil empat subjek kuala terlibat peneliti dengan data tahun orang menggunakan hasil rata memenuhiketuntasan akan dihadapi tahapan disimpulkan pelajaran yang dapat prose yaitu dalam meliputi penggunaan masih diberikan diperoleh SD sebelum guru penelitian memberikan IRA belajar apakah 2011 sekolah NIM observasi dari gaya pembelajaran dikatakan awal mata penyajian bertujuan balrasan aktivita saraoa RAMADANI digunakan terfoku kela metode pengamatan kurang pendukung pendekatan bersemangat prosedur anlisi PTK meningkat saat pilihan ABSTRAK sain ini berganda setiap sebesar berdasarkan pre pelaksanaan ketuntasan te bagi II tingkat