MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SAINS MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INTRUCTION DI KELAS IV SD NEGERI NO. 101855 KUTALIMBARU TAHUN AJARAN 2011/2012

Natalia, Ade Kristiani (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SAINS MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INTRUCTION DI KELAS IV SD NEGERI NO. 101855 KUTALIMBARU TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313001 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313001 BAB I.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313001 BAB V.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri No.101855 Kutalimbaru pada mata pelajaran Sains. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model direct intruction pada pelajaran sains pokok bahasan perambatan bunyi pada benda padat,cair dan gas (udara) di kelas IV SD Negeri No.101855 Kutalimbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD yang berjumlah 30 orang siswa dengan jumlah laki-laki sebanyak 14 orang siswa dan perempuan sebanyak 16 orang siswi. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus yakni Siklus I dan Siklus II dengan empat tahapan yang dilalui yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi dengan teknik alalisis data yang digunakan adalah observasi terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung menunjukan adanya peningkatan yang baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata motivasi belajar siswa berdasarkan indikator untuk tiap siklus. Pada siklus I nilai rata-rata 58,85%, dan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 19,35% menjadi 78,2%. Berdasarkan hasil analisis observasi pada saat siklus I diperoleh tingkat perubahan motivasi belajar siswa dapat dijelaskan bahwa dari 30 orang siswa yang memiliki motivasi belajar kurang sebanyak 3 orang siswa (10%), motivasi belajar cukup sebanyak 14 orang siswa (46,6%), motivasi belajar baik sebanyak 11 orang siswa (36,6%), dan motivasi belajar sangat baik sebanyak 2 orang siswa (6,6%). Selanjutnya pada siklus II yang memiliki motivasi belajar dengan kategori baik sebanyak 12 orang (40%) dan siswa yag memiliki motivasi belajar dengan kategori sangat baik sebanyak 18 orang siswa (60%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model direct intruction dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Sains pokok bahasan perambatan bunyi pada benda padat,cair dan gas (udara) dan disarankan agar dalam proses pembelajaran, guru sebaiknya menggunakan model direct intruction agar siswa termotivasi dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimbolon, Naeklan195704251982032001
Call Number: 372.2 Nat m
Keywords: Motivasi Belajar; Model Direct Intruction; SAINS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6521

Actions (login required)

View Item View Item