MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SD SWASTA SABILINA TEMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

Fadhilah, (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SD SWASTA SABILINA TEMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109811041 COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811041 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811041 BAB I.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811041 BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya motivasi belajar Sains siswa kelas IV SD Swasta Sabilina Tembung Tahun Ajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran sains melalui penggunaan metode eksperimen pada pokok bahasan gaya pada siswa kelas IV SD Swasta Sabilina Tembung Tahun Ajaran 2011/2012. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, jumlah subjek adalah sebanyak 40 siswa yang berasal dari siswa kelas IV pada tahun 2011/2012 yang terdiri dari 19 siswa putri dan 21 siswa putra. Untuk memperoleh data dalam penulisan ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan observasi dan penyebaran angket. Dari hasil penelitian pada kegiatan awal, dari 40 orang siswa ternyata baru 12 siswa yang termotivasi dan 28 siswa belum termotivasi dengan nilai rata-rata 54,58 (Belum termotivasi), pada kegiatan lanjutan (siklus I) dari 40 orang siswa ternyata telah ada 19 siswa yang termotivasi dan 21 siswa belum termotivasi dengan nilai rata-rata 64,90 (Belum termotivasi), dan pada Siklus II dari 40 orang siswa ternyata baru 36 siswa yang termotivasi dan 4 siswa belum termotivasi dengan nilai rata-rata 81,15 (Termotivasi). Persentase nilai rata-rata hasil penyebaran angket siswa telah meningkat dari 48,83 dengan nilai P = 2,44 pada saat siklus I menjadi 57,75 dengan nilai P = 2,89 pada saat siklus II.Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran sains melalui penggunaan metode eksperimen pada pokok bahasan gaya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peneliti menyarankan agar guru bidang studi Sains lebih meningkatkan kualitas pembelajaran sains melalui metode pembelajaran eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRitonga, Mastiana195409291978032001
Call Number: 372.2 Fad m
Keywords: Motivasi Belajar; Sains; Metode Eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6518

Actions (login required)

View Item View Item