MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 101774 SAMPALI T.A 2011/2012

Juliani, Ridha (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 101774 SAMPALI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313285 Cover.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313285 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313285 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313285 Abstrak.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313285 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313285 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313285 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313285 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313285 BAB I.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313285 BAB V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313285 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Masih rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPS, (2) Kurang bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan guru, (3) Model mengajar guru masih terfokus pada metode ceramah, (4) Siswa cenderung bosan terhadap pelajaran IPS, (5) Guru kurang melihat potensi siswa yang dapat membantu guru menyampaikan materi yang sedang dipelajari kepada temannya yang belum mengerti. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran cooperative type TGT, (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran cooperative type TGT.Penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri No.101774 Sampali bertujuan untuk mengaplikasikan model pembelajaran cooperative type TGT materi ajar Masa Persiapan Kemerdekaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri No.101774 Sampali.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No.101774 Sampali Tahun Ajaran 2011/2012. Penentuan kelas ini diambil berdasarkan hasil investigasi terhadap kelas yang akan diteliti dan hasil rujukan dari kepala sekolah. Pelaksanaan PTK dilaksanakan selama dua siklus.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas siswa pada saat tes awal sebelum diberikan tindakan sebesar 52,28 dan dinyatakan masih belum tuntas belajar. Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa pada materi Masa Persiapan Kemerdekaan pada saat tes awal adalah siswa belum memahami dengan baik tentang materi Masa Persiapan Kemerdekaan. Pada siklus I setelah diberikan tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 68. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas juga menigkat menjadi 81,42.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative type Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri No.101774 Sampali pada materi ajar Masa Persiapan Kemerdekaan Tahun Ajaran 2011/2012. 

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyamsuarni, 195005131974122001
Call Number: 372.2 Jul m
Keywords: Hasil Belajar; IPS; Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6505

Actions (login required)

View Item View Item