MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAILKEM PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI NO. 010189 MANGKAI LAMA KEC. LIMA PULUH KAB. BATUBARA T.A 2011/ 2012

Ramadhani, Ayu Rizki (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAILKEM PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI NO. 010189 MANGKAI LAMA KEC. LIMA PULUH KAB. BATUBARA T.A 2011/ 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313040 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313040 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313040 BAB I.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313040 BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah ”Apakah dengan pendekatan PAILKEM dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri No. 010189 Mangkai Lama Kec. Lima Puluh Kab. Batubara T.A 2011/ 2012 ?”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No. 010189 Mangkai Lama yang berjumlah 26 orang . Objek penelitian ini adalah penerapan pendekatan PAILKEM dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas IV SD Negeri No. 010189 Mangkai Lama. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan yang masing-masing pertemuan 35 menit. Jadi dalam 2 siklus ada 4x pertemuan dan 140 menit. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi yang diberikan pada setiap siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh oleh siswa melalui alat pengumpulan data berupa tes antara lain : (1) Pada saat kondisi awal sebelum diterapkan pendekatan PAILKEM 23 orang siswa (88,46%) hasil belajarnya tergolong rendah, dan 3 orang siswa (11,54%) tergolong tinggi. (2) Pada siklus I terdapat 14 orang siswa (53,85%) hasil belajarnya tergolong rendah dan 12 orang siswa (46,15%) tergolong tinggi. (3) Pada siklus II terdapat 4 orang siswa (15,38%) hasil belajarnya tergolong rendah dan 22 orang siswa (84,61%) tergolong tinggi. Maka dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa terdapat peningkatan dibandingkan dari siklus I dengan tingkat presentase tinggi sebesar 38,46%. Dari hasil yang diperoleh dari 26 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukannya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan nilai. Ini dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan pendekatan PAILKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya kelas IV SD Negeri No. 010189 Mangkai Lama Kec. Lima Puluh Kab. Batubara T.A 2011/ 2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArjani, Nur196105041997032004
Call Number: 372.2 Ram m
Keywords: Hasil Belajar Siswa; PAILKEM; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6496

Actions (login required)

View Item View Item