MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES DI SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2011/2012

Harahap, Titin Delina (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES DI SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313373 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313373 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313373 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313373 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313373 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313373 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313373 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313373 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313373 BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313373 BAB I.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313373 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101767 Tembung, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode examples non examples di kelas V.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas V yang berjumlah 35 orang siswa. Penentuan kelas ini diambil berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan diteliti dan peneliti melihat rendahnya hasil belajar matematika khususnya materi bangun ruang, kurangnya media pada pembelajaran matematika, serta metode yang digunakan guru kurang bervariasi.Pelaksanaan PTK dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi, tes yang diberikan sebanyak 10 soal berbentuk tes isian. Soal yang diberikan yaitu pretest, siklus I, dan siklus II. Sedangkan observasi meliputi observasi aktivitas kemampuan guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Penelitian ini menggunakan metode examples non examples untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi sifat-sifat bangun ruang. Hasil penelitian menunjukkkan pada saat pretest sebelum dilakukan tindakan diperoleh dari 35 orang siswa diperoleh 8 (22,85%) orang siswa yang tuntas belajar, sedangkan 27 (77,14%) orang siswa yang tidak tuntas, dan nilai rata-rata kelas 42,88. Selanjutnya pada siklus I terdapat sebanyak 22 orang siswa (65,17%) yang memenuhi kriteria tuntas dan sebanyak 13 orang siswa (34,28%) yang tidak memenuhi kriteria tuntas,dengan rata-rata kelas 56,8. Dan pada siklus II, diperoleh data sebanyak 29 orang siswa (82,85%) yang memenuhi kriteria tuntas, sedangkan 6 orang siswa (17,41%) tidak tuntas..Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SD Negeri 1017167 Tembung T.A 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSingarimbun, Piti194912241980032002
Call Number: 372.2 Har m
Keywords: Hasil Belajar; Matematika; METODE eXAMPLES
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6494

Actions (login required)

View Item View Item