UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI NO. 106811 BANDAR SETIA

Melisa, Nanda (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI NO. 106811 BANDAR SETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108113045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113045 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113045 BAB I.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113045 BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan model pengajaran langsung (direct instruction) di kelas V SD Negeri 106811 Bandar Setia.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dan observasi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus 1, peneliti terlebih dahulu mengamati proses pembelajaran awal siswa atau prasiklus yang bertujuan selain untuk mengetahui motivasi belajar siswa juga untuk mengetahui kekurangan-kekurangan dalam proses kegiatan belajar mengajar.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi motivasi belajar siswa dan angket motivasi belajar siswa dengan indikator : memiliki perasaan senang, tekun menghadapi tugas, ulet menghadapi kesulitan, menunjukkan perhatian yang tinggi terhadap bermacam-macam masalah, dapat mempertahankan pendapatnya, bekerja sama dalam mencari dan memecahkan masalah. Berdasarkan analisis data angket siswa pada siklus I yaitu : 5 orang memiliki motivasi belajar sangat baik (16,13%), 12 orang memiliki motivasi belajar baik (38,70%),9 orang memiliki motivasi belajar cukup (29,03%), 5 orang memiliki motivasi belajar kurang (16,13%). Dan pada siklus II persentase motivasi belajar siswa sudah meningkat dan sesuai dengan persentase yang ingin dicapai pada tingkat motivasi belajar siswa, yaitu : 12 orang memilikimotivasi belajar sangat baik (38,70%), 14 orang memiliki motivasi belajar baik (45,16%), 4 orang memiliki motivasi belajar cukup (12,90%), 1 orang memiliki motivasi belajar kurang (3,23%).Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pengajaran langsung (direct instruction) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V SD Negeri No.106811 Bandar Setia. Oleh karena itu, model pengajaran langsung (direct instruction) dapat diterapkan sebagai salah satu alternative dalam meningkatakan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnwar, Khairul1985070919855011001
Call Number: 372.2 Mel u
Keywords: Motivasi Belajar; Pengajaran Langsung; Pelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6476

Actions (login required)

View Item View Item