MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI DI KELAS V SD NEGERI 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

Simanungkalit, Irma Afriani (2012) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI DI KELAS V SD NEGERI 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313145 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313145 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313145 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313145 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313145 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313145 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313145 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313145 BAB I.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313145 BAB V.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313145 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada materi Mengenal Jenis-Jenis Kegiatan Ekonomi di Indonesia kelas V SD Negeri 101767 Tembung T.A 2011/2012. Dan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung T.A 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung yang berjumlah 25 orang siswa yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dan 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dan tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan test pilihan berganda yang terdiri dari 24 jumlah angket lembar observasi yaitu lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi kegiatan siswa. Berdasarkan tindakan penelitian yang telah dilaksanakan minat siswa yang diproleh menunjukkan bahwa test awal dari 25 siswa terdapat siswa yang memiliki minat belajar dengan baik, minat belajar cukup berminat, dan belajar tidak berminat belajar. Siswa yang memiliki minat belajar yang tergolong kategori berminat pada test awal kategori 75% - 85 %, sebanyak 4 siswa, sedangkan kategori 60% - 74 % sebanyak 2 siswa. Dan kategori tidak berminat 0% - 59% sebanyak 19 siswa. Pada siklus I minat belajar siswa dapat dijelaskan bahwa dari jumlah 25 siswa terdapat siswa yang memiliki minat belajar baik kategori 75% - 85% sebanyak 6 siswa, sedangkan kategori 60% - 74% cukup berminat 4 siswa, dan kategori tidak berminat 0% -50 % sebanyak 15 siswa. 75% - 100 %, sebanyak 18 siswa, sedangkan kategori 60 % -100 %, cukup berminat 3 siswa, dan tidak berminat sebanyak 4 siswa. Dalam observasi kegiatan guru dan siswa, dimana peningkatan nilai rata-rata kegiatan guru pada siklus I yaitu 2,73 (Baik) dan pada siklus II yaitu 3,53 (Sangat Baik) dan dimana peningkatan nilai rata-rata kegiatan siswa pada siklus I yaitu 69,3 (Cukup) dan pada siklus II yaitu 78,9 (Baik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Mengenal Jenis-Jenis Kegiatan Ekonomi di Indonesia kelas V SD Negeri 101767 Tembung T.A 2011/2012. Disarankan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPS dalam penggunaan metode Resitasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBukit, Herawati195704251982032001
Call Number: 372.2 Sim m
Keywords: Minat Belajar Siswa; Pelajaran IPS; Metode Resitasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6472

Actions (login required)

View Item View Item