MENINGKATAN HASIL BELAJAR HISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI DI KELAS V SD NEGERI 010177 DESA GAJAH KABUPATEN ASAHAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Panjaitan, Juliana (2012) MENINGKATAN HASIL BELAJAR HISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI DI KELAS V SD NEGERI 010177 DESA GAJAH KABUPATEN ASAHAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313159 COVER.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313159 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313159 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313159 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313159 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313159 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313159 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313159 BAB I.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313159 BAB V.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313159 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaranmatematika adalah kurangnya latihan atau pemberian tugas yang diberikan olehguru. Metode pembelajaran yang digunakan belum efektif mengakibatkan siswakurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajarnya rendah. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakanmetode resitasi pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan danpengurangan pecahan berpenyebut beda dikelas V SD Negeri 010177 Desa Gajah.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pendekatandalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari dua siklus.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Neger i 010177 Desa Gajahyang berjumlah 23 orang siswa.Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan observasi. Datayang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase ketuntasanbelajar siswa. Secara individual siswa dikatakan tuntas jika memenuhi nilai KKMyang ditentukan oleh sekolah untuk mata pelajaran matematika adalah 70 dansecara klasikal dikatakan tuntas jika �70 siswa yang tuntas belajar. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode resitasi pada matapelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri010177 Desa Gajah. Dari hasil pre tes diperoleh ketuntasan belajar 30,43%dengan rata-rata kelas 53,91 dan setelah dilaksanakan siklus I diperolehketuntasan belajar siswa sebesar 65,21% dengan rata-rata kelas 63,91 Pada siklusII ketuntasan belajar meningkat menjadi 82,61% dengan rata-rata kelas 86,95.Peningkatan hasil belajar siswa dari keadaan awal (pre tes) ke siklus I sebesar34,78% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 17,4%. Metode Resitasi dapatmeningkatakan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Matematika danmember ikan pengalaman baru bagi siswa yakni melatih siswa untukmempertanggungjawabkan tugas yang diber ikan oleh guru dengan mandir i

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSingarimbun, Piti194912241980032001
Call Number: 372.2 Pan m
Keywords: Hasil Belajar; Metode Resitasi; Pelajaran Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6464

Actions (login required)

View Item View Item