MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN (INQUIRY) PADA MATERI POKOK SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD MELATI MARELAN TA 2011/2012

Andriani, (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN (INQUIRY) PADA MATERI POKOK SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD MELATI MARELAN TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313023 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313023 KATA PENGANTAR].pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313023 BAB I.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313023 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA materi pokok Sumber Daya Alam di Kelas IV SD Melati Marelan TA 2011/2012. Rendah hasil belajar siswa disebabkan rendahnya minat siswa, guru kurang menggunakan strategi mengajar yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Untuk mengetahui apakah penerapan metode penemuan (inquiry) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pokok Sumber Daya Alam di SD Melati Marelan TA 2011/2012”. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Melati Marelan yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus (siklus I dan siklus II). Sebelum itu peneliti melakukan pretest untuk mengembangkan siklus I. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pretest dari 30 orang siswa yang memperoleh nilai sesuai dengan KKM sebesar nilai 65 sebanyak 4 orang siswa 13% mendapat nilai tuntas dan yang belum mencapai KKM sebanyak 26 orang siswa 87%. Pada siklus I yang mendapat nilai sesuai dengan KKM sebanyak 18 orang siswa 60% dan yang belum mendapat nilai sesuai KKM sebanyak 12 orang siswa 40%. Pada siklus II yang mendapat nilai sesuai KKM sebanyak 28 orang siswa 93,3% dan yang belum mendapat nilai sesuai KKM sebanyak 2 orang siswa 6,7%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode penemuan (inquiry) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam di kelas IV SD Melati Marelan Tahun Ajaran 2011/2012. Oleh karena itu guru perlu meningkatkan keterampilan mengajarnya dengan menggunakan metode inquiry sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya mataeri pokok Sumber Daya Alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitompul, Rosliana195104251976032001
Call Number: 372.2 And u
Keywords: Hasil Belajar; IPA; Metode Penemuan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6458

Actions (login required)

View Item View Item