MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 056645 ALUR MERBAU KEC. PANGKALAN SUSU KAB. LANGKAT T.A 2011/2012

Hardianti, Yuni (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 056645 ALUR MERBAU KEC. PANGKALAN SUSU KAB. LANGKAT T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313411 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313411 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313411 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313411 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313411 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313411 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313411 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313411 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313411 BAB I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313411 BAB V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313411 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini melengkapi kegiatan untuk meningkatkan hasil belajar sains siswa dengan menggunakan metode kooperatif tipe Rotating Trio Exchage (RTE) pada materi pokok pesawat sederana di kelas V SD Negeri 056645 Ajaran 2011 / 2012. adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode kooperatif tipe Rotating Trio Exchage (RTE) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi pokok pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 056645 Alur Merbau Kec. Pangkalan Susu Kab. Langkat TA 2011/2012.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode kooperatif tipe Rotating Trio Exchage (RTE) dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Pesawat Sederhana di Kelas V SD Negeri 056645 Alur Merbau Tahun Ajaran 2011/2012 dengan jumlah 30 orang siswa.Penelitian menggunakan desain PTK dengan tindakan menggunakan metode kooperatif tipe Rotating Trio Exchage (RTE). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif . Berdasarkan analisis data diperoleh pada saat awal tindakan diperoleh tingkat ketuntasan secara klasikal yaitu 4 orang (13%) sedangkan siswa yang belum mengalami ketuntasan sebanyak 26 orang siswa (87%). Pada siklus I dengan setelah dilakukan metode kooperatif tipe Rotating Trio Exchage (RTE) diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 18 orang (60%) sedangkan jumlah siswa yang belum mengalami ketutasan sebanyak 12 orang siswa (40%). Selanjutnya pada siklus II . diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa semakin lebih meningkat yaitu sebanyak 28 orang siswa (93,3%). Berdasarkan temuan dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa metode kooperatif tipe Rotating Trio Exchage (RTE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok pesawat sederhana kelas V SD Negeri 056645 Alur Merbau Kec. Pangkalan Susu TA 2011/2012 .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurmaniah, 195609141980032002
Call Number: 372.2 Har m
Keywords: Hasil Belajar; Pembeljaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6456

Actions (login required)

View Item View Item