PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2011/2012. SKRIPS

Sijabat, Sri R. (2012) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2011/2012. SKRIPS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313345 COVER.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313345 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313345 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313345 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313345 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313345 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313345 BAB I.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313345 BAB V.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313345 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2011/2012. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah dengan menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok Gaya Magnet di kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2011/2012”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan metode demonstrasi pada mata mata pelajaran IPA materi pokok Gaya Magnet di kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2011/2012”. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “dengan menerapkan metode demonstrasi akan meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata mata pelajaran IPA materi pokok Gaya Magnet di kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SD Negeri 104204 Sambirejo Timur yang berjumlah 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi siswa dan guru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan dalam 2x pertemuan.Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I pertemuan I, persentase nilai rata-rata motivasi belajar siswa adalah adalah 65,25% (secara individual) dan 40,72% (secara klasikal). Pada siklus I pertemuan 2, persentase nilai rata-rata motivasi belajar siswa adalah 71,29% (secara individual) dan 63,22% (secara klasikal). Pada siklus II pertemuan 1, persentase nilai rata-rata motivasi belajar siswa meningkat menjadi 79,03% (secara individual) dan 75,20% (secara klasikal). Kemudian pada siklus II pertemuan 2, persentase nilai rata-rata motivasi belajar siswa juga semakin meningkat menjadi 86,03% (secara individual) dan 83,12% (secara klasikal).Berdasarkan hasil yang diperoleh dari 40 orang siswa, dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa baik secara individual maupun klasikal. Denagn demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok Gaya Magnet di kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyamsuarni, 195005131994122001
Call Number: 372.2 Sij p
Keywords: Demontrasi;IPA;Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6443

Actions (login required)

View Item View Item