UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAEMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS V SD NEGERI 152977 TAPANULI TENGAH KEC. SARUDIK T.A 2011/2012

Situmeang, Lilis Andriany (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAEMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS V SD NEGERI 152977 TAPANULI TENGAH KEC. SARUDIK T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108 313 184 COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 313 184 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 313 184 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 313 184 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 313 184 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 313 184 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 313 184 BAB I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 313 184 BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 313 184 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok menjumlahkan pecahan pada siswa kelas V SD Negeri 152977 Tapanuli Tenggah Kec. Sarudik T.A 2011/2012?” Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri 152977 Tapanuli Tengah Kec. Sarudik T. A 2011/2012, yang berjumlah 30 orang siswa. Penentuan subjek berdasarkan hasil observasi dan angket yang dilakukan peneliti terhadap guru kelas V. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan yang masing-masing pertemuan 35 menit. Jadi dalam 2 siklus ada 4x pertemuan dan 140 menit. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrument yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi dan angket yang diberikan pada setiap siklus.Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I pertemuan I hasil observasi motivasi belajar siswa rendah sekitar 44,4%. Pada siklus I pertemuan 2, motivasi belajar siswa sedang sekitar 63,69%. Pada siklus II pertemuan 1, motivasi belajar siswa baik seskitar 77,53%. Pada siklus II pertemuan 2, motivasi belajar siswa sanagt baik sekitar 85,8%.Dari hasil yang diperoleh dari 30 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukannya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. Ini dapat disimpulkan bahwa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika materi pokok menjumlahkan pecahan di kelas V SDN 152977 Tapanuli Tengah Kec. Sarudik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurmayani, 196111111988032001
Call Number: 372.2 Sit u
Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT; Matematika; Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6423

Actions (login required)

View Item View Item