MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN BELAJAR BERBASIS ANEKA SUMBER (BEBAS) PADA MATA PELAJARAN IPS PADA MATERI MANFAAT SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SD NEGERI 112135 KECAMATAN RANTAU UTARA TAHUN AJARAN 2011/2012

Nursaima, (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN BELAJAR BERBASIS ANEKA SUMBER (BEBAS) PADA MATA PELAJARAN IPS PADA MATERI MANFAAT SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SD NEGERI 112135 KECAMATAN RANTAU UTARA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313249 COVER.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313249 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313249 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313249 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313249 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313249 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313249 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313249 DAFTAR LAMPIRSAN.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313249 BAB I.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313249 BAB V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313249 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri 112135 Kecamatan Rantau Utara bertujuan utuk mengaplikasikan pendekatan Belajar Berbasis Aneka Sumber (BEBAS) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada pokok bahasan Manfaat sumber daya alam untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 112135 Kecamatan Rantau Utara Tahun Ajaran 2011/2012.Subjek dari penelitian ini adalah kelas IV di SD Negeri 112135 Kecamatan Rantau Utara Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 35 orang siswa. Penentuan sampel berdasarkan hasil penelitian awal terhadap kelas yang akan diteliti dan hasil rujukan dari kepala sekolah.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dimana setiap siklus dua kali pertemuan, didalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data angket motivasi dan observasi. Dengan hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata angket awal sebesar 51,2 dengan kategori rendah motivasi beljar siswa. Kesulitan-kesulitan siswa dianalisis kemudian dilakukan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan belajar berbasis aneka sumber (bebas) pada siklus I. hasil yang diperoleh terjadi peningkatan nilai rata-rata angket motivasi belajar menjadi 64,4 kategori penilaian angket siswa secara rata-rata sedang (cukup) termotivasi terhadap pembelajaran. Nilai ini masih belum memenuhi nilai angket motivasi yang diharapkan sehingga dilakukan refleksi sebagai pedoman untuk siklus II. Setelah direfleksi ternyata didapatkan permasalahan bahwa siswa belum memperhatikan pembelajaran dan nilai kepuasan siswa terhadap pembelajaran juga masih kurang. Permasalahan yang diperoleh pada siklus I mencoba untuk mengatasi siswa dengan memfokuskan pembelajaran untuk meningkatkan kedua aspek ini dengan menerapkan pendekatan belajar berbasis aneka sumber. Hasil yang diperoleh pada siklus II, nilai rata-rata angket siswa juga meningkat mejadi 82,8 dengan tingkat kategori motivasi siwa tinggi.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan belajar berbasis aneka sumber (bebas) dapat meningkatkan motivasi blajar siswa kelas IV SD Negeri 112135 Kecamatan rantau Utara pada pokok bahasan manfaat sumber daya alam tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnwar, Khairul195807091985011001
Call Number: 372.2 Nur m
Keywords: Belajar Berbasis Aneka Sumber; IPS; Motivasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6420

Actions (login required)

View Item View Item