UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY (SPI) DI KELAS IV SD MELATI MARELAN INDAH TA 2011/2012

Collega, Ivo (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY (SPI) DI KELAS IV SD MELATI MARELAN INDAH TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313152 COVER.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313152 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313152 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313152 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313152 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313152 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313152 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313152 BAB V.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313152 BAB I.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313152 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan MenggunakanStrategi Pembelajaran Inquiry (SPI) Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar SiswaPada Mata Pelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi Komunikasidan Transportasi di Kelas IV SD Melati Marelan Indah TA 2011/2012?.Penelitian ini bertujuan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada MataPelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi Komunikasi danTransportasi dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inquiry (SPI) di KelasIV SD Melati Marelan Indah TA 2011/2012.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahap yaitu dan perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meggunakanobservasi dan angket. Sebelum dilakukan tindakan, Siklus I, Siklus II penelititerlebih dahulu melakukan observasi pada saat guru mengajar dengan tunjuanuntuk mengetahui kondisi awal minat belajar siswa kelas IV. Subjek dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 32 orang siswa.Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa kondisi awal Sebelumdilakukan tindakan dari 32 orang siswa secara klasikal terdapat sebanyak 21orang siswa (65,63%) siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, sebanyak 11orang siswa (34,38%), siswa yang memiliki motivasi belajar yang sedang dantidak ditemukan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi (0%) dengan rataratanilai yaitu 61,8. Siklus I Sebelum dilakukan tindakan dari 32 orang siswasecara klasikal terdapat sebanyak 21 orang siswa (65,63%) siswa yang memilikimotivasi belajar rendah, sebanyak 11 orang siswa (34,38%), siswa yang memilikimotivasi belajar yang sedang dan tidak ditemukan siswa yang memiliki motivasibelajar tinggi (0%) dengan rata-rata nilai yaitu 61,8. Pada siklus I secara klasikalsebanyak sebanyak 1 orang siswa (3,125%) siswa yang memiliki motivasi belajarrendah, sebanyak 18 orang siswa (56,25%) siswa yang memiliki motivasi belajaryang sedang dan sebanyak 13 orang siswa (40,625%) yang memiliki motivasibelajar tinggi dengan rata-rata nilai yaitu 91,5. Pada siklus II sebanyak 1 orangsiswa (3,11%) memiliki motivasi belajar rendah, sebanyak 1 orang siswa(3,11%) memiliki motivasi belajar sedang dan sebanyak 30 orang siswa (93,7%)memiliki motivasi belajar yang tinggi dengan rata-rata nilai yaitu 116.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategipembelajaran inquiry dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada matapelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi Komunikasi danTransportasi di Kelas IV SD Melati Marelan Indah TA 2011/2012. Olehkarenanya guru perlu meningkatkan keterampilan mengajarnya denganmenggunakn strategi pembelajaran inqury sehingga dapat meningkatkan hasilbelajar siswa pada pelajaran IPS khususnya materi pokok PerkembanganTeknologi Produksi Komunikasi dan Transportasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimare-mare, Aman19614060419870301002
Call Number: 372.2 Col u
Keywords: Motivasi;IPS; Pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6413

Actions (login required)

View Item View Item