MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR BATANG DAN FUNGSINYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI BAGI SISWA KELAS IV C SD NEGERI NO. 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2011/ 2012

Sayutinur, (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR BATANG DAN FUNGSINYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI BAGI SISWA KELAS IV C SD NEGERI NO. 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2011/ 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313319 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313319 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313319 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313319 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313319 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313319 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313319 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313319 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313319 BAB I.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313319 BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313319 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IVC Sambirejo Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar sains pada materi pokok struktur batang dan fungsinya dengan menggunakan metode demonstrasi dikelas IVC SD Negeri No. 104204 Sambirejo Timur.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 104204 Sambirejo Timur yang berlokasi di desa sempurna Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVC SD Negeri No. 104204 Sambirejo Timur yang berjumlah 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi.Hasil penelitian ini diperoleh bahwa sebelum diberikan tindakan dari hasil tes awal siswa sebesar 38,12 dengan ketuntasan klasikal sebesar 15,62%. Setelah dilakukan siklus I dengan menggunakan metode demonstrasi , hasil pos tes tingkat penguasaan siswa meningkat menjadi rata- rata 57,81 dengan ketuntasan klasikal sebesar 56,25%. Selanjutnya setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan tetap menggunakan metode demonstrasi tingkat penguasaan siswa meningkat menjadi rata- rata 78,75 dengan ketuntasan klasikal 96,68% atau secara klasikal siswa telah mencapai ketuntasan dalam belajar.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar sains pada materi pokok struktur batang dan fungsinya, dan guru bidang studi sains disarankan agar menerapkan metode demonstrasi dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar dikelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusnadi, 196101091987031003
Call Number: 372.2 Say m
Keywords: Hasil Belajar Sains; Struktur Batang dan Fungsinya; Metode Demonstrasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6399

Actions (login required)

View Item View Item