UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE DISKUSI PANEL PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 067097 MEDAN

Dalimunthe, Nurhayani (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE DISKUSI PANEL PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 067097 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313245 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313245 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313245 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313245 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313245 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313245 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313245 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313245 BAB V.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313245 BAB I.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313245 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang memiliki motivasidalam kegiatan belajar. Khususnya dalam pembelajaran IPS karena siswamenganggap pelajaran IPS mudah. Selain itu guru hanya menggunakan metodeceramah saja pada siswa, guru jarang menggunakan media belajar. Inilah yangmenyebabkan siswa tidak berminat untuk belajar IPS. Melihat lemahnya motivasisiswa mengikuti pembelajaran IPS di kelas, maka penelitian tindakan kelas inibertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dengan metode diskusi panel padamata pelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 067097 Medan.Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas Va SD yangberjumlah 23 siswa. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitianini adalah dengan menggunakan data kuantatif berupa test dan data kualitatifberupa observasi dan angket. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.prosedur penelitian yang digunakan melalui dua siklus dimana terjadi empat kalipertemuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS.Dengan menggunakan metode diskusi panel ini dapat meningkatkan motivasibelajar siswa dari mulai kondisi awal hingga pada siklus II. Pada kondisi awalmelalui observasi yang dilakukan sebelum siklus I, tidak ada siswa yangtermotivasi belajar IPS di dalam kelas, motivasi belajar IPS kriteria baik padasiklus I pertemuan I ada 2 orang siswa atau 8,7% dan pada pertemuan II siklus Imeningkat menjadi 10 orang atau 43,4% untuk kriteria motivasi belajar IPS.Motivasi belajar IPS pada siklus II pertemuan II meningkat kembali menjadi80,8% atau 15 orang siswa yang kriteria motivasinya baik, dan pada pertemuanIV persentasenya menjadi 86,9% atau 20 orang siswa pada kriteria motivasi baikbelajar IPS.Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahawa terjadi peningkatanmotivasi siswa dalam belajar IPS yaitu dengan ditunjukkannya hasil presentasemotivasi belajar siswa yang meningkat dari pertemuan I sampai pertemuan IVdilaksanakan dalam dua Siklus dengan tindakan diskusi panel. Dengan demikianmelalui penggunaan metode diskusi panel ini dapat meningkatkan motivasibelajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Type designerTarigan, Daitin195901021983031001
Call Number: 372.2 Dal u
Keywords: Mtivasi;Belajar;Diskusi;Pelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6392

Actions (login required)

View Item View Item