MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE TARI BAMBU PADA OPERASI HITUNG PERKALIAN KELAS IV SEMESTER II SDN. 020270 BINJAI TIMUR T.A 2011/2012

Tarigan S., Elma Riva (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE TARI BAMBU PADA OPERASI HITUNG PERKALIAN KELAS IV SEMESTER II SDN. 020270 BINJAI TIMUR T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313084 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313084 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313084 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313084 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313084 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313084 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313084 BAB I.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313084 BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313084 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi siswa dalam belajar matematika yaitu dari hasi pembelajaran yang diterapkan oleh guru kelas IV SDN 020270 Binjai Timur bahwa jumlah siswa ada 20 orang siswa.Dengan itu nilai siswa yang tuntas hanya 8 orang siswa, sedangkan nilai siswa yang belum tuntas adalah 12 orang siswa. Karena dalam pembelajaran guru tidak menggunakan model yang menarik perhatian siswa guru hanya menggunakan metode yang pasif dan kurangnya melibatkan siswa dalam pembelajaran serta kurang adanya respon positif dari siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar operasi hitung perkalian dengan menggunakan model pembelajaran cooperatif learning tipe tari bambu di kelas IV Semester II SDN 020270 Binjai Timur T.A 2011/2012. Jenis penelitian yang dilaukan adalah penelitian tindakan kelas, adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 20 orang siswa, yang terdiri dari 10 orang laki-laki, dan 10 orang perempuan. Objek penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya dalam pelajaran matematika.Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus.Berdasarkan analisis data menunjukan bahwa terjadi perubahan/peningkatan motivasi belajar siswa berdasarkan dari hasil observasi dari kondisi awal (pra siklus), dan siklus I pertemuan 1 dan 2, siklus ke II pertemuan 1 dan 2. Pada kondisi awal di peroleh data bahwa 36,75% yang termasuk dalam kategori motivasi belajar yang kurang, Pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 43,75% yang motivasi belajar tergolong dalam kategori kurang, pada siklus I pertemuan ke 2 meningkat menjadi 67,65% yang motivasi belajarnya masuk ke kategori baik, pada siklus II pertemuan ke 1 diperoleh data 76,75% motivasi belajarnya termasuk kategori baik, dan pada siklus II pertemuan ke 2 lebih meningkat yaitu 87,25% yang motivasi belajarnya termasuk ke dalam kategori sangat baik.Sehingga dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan motivasi belajar siswa setelah pembelajaran cooperatif tipe tari bambu diterapkan pada materi operasi hitung perkalian di kelas IV SDN 020270 Binjai Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIED195901021983031001
Call Number: 372.2 Tar m
Keywords: Motivasi Belajar; Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Tari Bambu; Operasi Hitung Perkalian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6379

Actions (login required)

View Item View Item