MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DI KELAS IV SD NEGERI 060876 MEDAN TIMUR T.A. 2011/2012

Pertiwi, Ratmi (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DI KELAS IV SD NEGERI 060876 MEDAN TIMUR T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081211910010 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910010 BAB I.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910010 BAB V.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview

Abstract

Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 060876 Medan Timur? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe pictura and picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Pelaksanaan penelitian ini yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan empat kali pertemuan, pada siklus I pertemuan pertama dan kedua pada siklus II pertemuan ketiga dan keempat.Dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi untuk guru dan untuk siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Subjek dalam penelitian tidakan kelas ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 43 orang yang terdiri dari 21 peserta didik laki-laki dan 22 peserta didik perempuan di SD Negeri No. 060876 Medan Timur. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe pictura and picture pada mata pelajaran IPA. Adapun alat yang digunakan untuk pengumpulan data siswa adalah melakukan observasi dan test hasil belajar siswa untuk mengetahui kondisi dan kelemahan belajar siswa serta kendala-kendala yang dihadapi siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Hasil penelitian pada pertemuan awal adalah nilai rata-rata 54,88, siswa yang tuntas 13 orang (30,23%) dan tidak tuntas 30 (69,77%) dengan ketuntasan secara klasikal 30,23%. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 65,81, siswa yang tuntas 24 orang (55,81%) dan tidak tuntas 19 orang (44,19%) dengan ketuntasan secara klasikal 55,81%, kemudian dilanjutkan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 93,95, siswa yang tuntas 43 orang (100%) merupakan keseluruhan siswa dengan ketuntasan secara klasikal 100%. Maka dapat diketahui bahwa dari pertemuan awal, siklus I hingga siklus II telah mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran sains dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada pokok sumber daya alam dapat meningkat di kelas IV SD Negeri No. 060876 Medan Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSingarimbun, Piti194912241980032001
Call Number: 372.2 Per m
Keywords: Hasil Belajar IPA; Pembelajaran Picture and Picture
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6366

Actions (login required)

View Item View Item