MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA BERKOMUNIKASI ASERTIF MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2013-2014

Sebayang, Emanovita Br (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA BERKOMUNIKASI ASERTIF MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109351011 COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109351011 LEMBAR PENGESAHAN..pdf - Published Version

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109351011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109351011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109351011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109351011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109351011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109351011 BAB I.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109351011 BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109351011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan berkomunikasi asertif dapat ditingkatkan melalui layanan konseling kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi assertif siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research). Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Instrumen berupa angket yang diberikan langsung kepada siswa di masing-masing kelas. Instrumen ini dibuat untuk menjaring siswa yang bermasalah dalam berkomunikasi asertif. Berdasarkan hasil aplikasi instrumentasi diperoleh besar subyek penelitian adalah 6 orang dengan rincian 3 siswa bermasalah dan 3 siswa yang tidak bermasalah. Berdasarkkan analisis terhadap hasil penelitian dikemukakan bahwa pada siklus I (pertama) kemampuan berkomunikasi siswa masih berada pada kriteria C (cukup). Namun pada siklus II (Kedua) terjadi peningkatan kemampuan berkomunikasi asertif yaitu berada pada kriteria B (baik). Berdasarkan hasil ini dapat dikemukakan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi: Konseling kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi asertif pada siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMilfayetty, Sri196212121986012001
Call Number: 371.404 7 Seb m
Keywords: Kemampuan Berkomunikasi Asertif; Karakteristik; Manfaat; Faktor-faktor; Konseling Kelompok; Pendekatan Elektrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6356

Actions (login required)

View Item View Item