PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PERHATIAN SISWA DALAM BELAJAR EKSAKTA DI KELAS X SMA NEGERI I RAYA TAHUN AJARAN 2012/2013

Purba, Evariani (2013) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PERHATIAN SISWA DALAM BELAJAR EKSAKTA DI KELAS X SMA NEGERI I RAYA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108321024 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321024 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321024 BAB I.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321024 BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan Perhatian siswa dalam belajar eksakta di kelas X SMA Negeri I Raya Tahun Ajaran 2012/2013? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang dapat meningkatkan perhatian siswa dalam belajar eksakta di kelas X SMA Negeri I Raya Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri I Raya yang berjumlah 10 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang peningkatan perhatian siswa dalam belajar yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Dari 40 item angket yang disebarkan diketahui ada 34 item yang valid dan 6 item soal yang tidak valid, yaitu soal no. 5,9,12,24,34 dan 36. Jadi soal yang diberikan terhadap 10 sampel berjumlah 34 item. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian bimbingan kelompok. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sebelum dilaksanakan bimbingan kelompok diperoleh rata-rata Pre-test (M) = 86,7 dan Standart Deviasi (SD) = 13,74 , sedangkan sesudah dilaksanakan bimbingan kelompok diperoleh rata-rata Post-test = 97,1 dan Standart Deviasi (SD) = 12,24, dan pelaksanaan pemberian layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan perhatian siswa dalam belajar di kelas X SMA Negeri I Raya Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini teruji dengan menggunakan rumus persentase, diperoleh skor rata-rata persentase peningkatan perhatian siswa dalam belajar pada saat pre-test = 42,08% sedangkan setelah dilakukan layanan bimbingan kelompok (post-test) diperoleh skor rata-rata peningkatan perhatian siswa dalam belajar antara = 62,92%. Sehingga hipotesis yang diajukan yang berbunyi Ada pengaruh yang signifikan antara pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan peningkatan perhatian siswa dalam belajar eksakta di kelas X SMA Negeri I Raya Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurmaniah, 195609141980032002
Call Number: 371.404 7 Pur p
Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok; Tujuan Layanan; Model Kelompok; Teknik-teknik Layanan; Tahap-tahap; Perhatian Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6355

Actions (login required)

View Item View Item