PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN PENGENDALIAN STRES TERHADAP KOMITMEN GURU

Lumban Gaol, Masdiana PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN PENGENDALIAN STRES TERHADAP KOMITMEN GURU. Jurnal Title.

[img]
Preview
Text
UNIMED-Article-23805-Masdiana.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh langsung persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja, pengendalian stres dan komitmen guru, 2) pengaruh langsung motivasi kerja terhadap komitmen guru, dan 3) pengaruh langsung pengendalian stres terhadap komitmen guru. Sampel penelitian sebanyak 53 orang dari 118 orang populasi. Instrumen penelitian berupa kuesioner, dan sebelum diigunakan terlebih dahulu di ujicoba. Uji persyaratan analisis yang dilakukan yaitu uji normalitas, homogenitas dan linearitas. Analisis data dilakkan dengan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja sebesar 73,96%, terhadap pengendalian stres 58,83%, 2) pengaruh motivasi kerja terhadap komitmen guru 17,81%, dan 3) pengendalian stres terhadap komitmen guru sebesar 24,09%.

Item Type: Article
Keywords: Persepsi tentang Kepemimpinan; Motivasi Kerja; Pengendalian Stres; Komitmen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 23 Mar 2016 09:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item