UPAYA RANG TUA MEMOTIVASI ANAK DALAM MELAKSANAKAN AKTIVITAS BELAJAR PAKET C DI PKBM MADYA INSANI MEDAN

Sihotang, Marsinta (2012) UPAYA RANG TUA MEMOTIVASI ANAK DALAM MELAKSANAKAN AKTIVITAS BELAJAR PAKET C DI PKBM MADYA INSANI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081211310005 COVER.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211310005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211310005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211310005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211310005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211310005 BAB I.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211310005 BAB V.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211310005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini: upaya orang tua memotivasi anaknya dalam mengikuti aktivitas belajar di Paket C di PKBM Madya Insani Medan. Kurangnya partisipasi warga belajar untuk mengikuti pembelajaran di PKBM, Kurangnya motivasi dari orang tua yang diterima warga belajar dari orang tuanya untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilakukan anak di PKBM Madya Insani Medan. Sehingga kerap menimbulkan perasaan malas dan jenuh dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di PKBM Madya Insani. Sebagian dari warga belajar kesetaraan paket C mengikuti program ini karena unsur kepentingan-kepentingan strategis. Dan bahkan yang menyedihkan lagi, hanya menghendaki cara-cara instan untuk memperoleh ijazah setara SMA. Teori yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah yang dikemukakan oleh Mc.Donald dalam Sukmadinata (2003) mengenai Memotivasi adalah perubahaan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya “feeling” dan di dahului dengan tanggapan terhadap tujuan”. serta Menurut Hilgard dalam Sukmadinata (2003) mengenai teori belajar adalah “Belajar adalah suatu proses dimana suatu perilaku muncul atau berubah karena adanya respons terhadap sesuatu situasi”. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskritif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Warga belajar dan sudah termaksud orang tua dari warga belajar berjumlah 35 orang, sampel diambil dengan menggunakan teknik srtatifikasi proporsional yang dikemukakan Sugiyono. Sampel penelitian ini berjumlah 32 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu P=F/N×100%.Dari perhitungan tentang upaya orang tua menciptakan suasana yang nyaman untuk proses belajar secara fisik dan psikologis pada anak diperoleh hasil 56,25%. Selanjutnya, upaya orang tua menyediakan waktu untuk dapat membantu pelajaran yang diterima oleh anak diperoleh hasil 53,13%. Upaya orang tua dalam memberikan motivasi pada anaknya diperoleh data 56,00%. Upaya orang tua untuk menyediakan fasilitas belajar anak diperoleh hasil sebanyak 53,00%. Dan upaya orang tua untuk menciptakan komunikasi yang baik dengan anaknya diperoleh data sebanyak 57,34%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa orang tua belum sepenuhnya berupaya memberikan kenyamanan secara fisik dan psikologis, menyediakan waktu, memberikan motivasi dan dorongan, menyediakan fasilitas dalam belajar serta menciptakan komunikasi yang terarah atau yang lebih baik pada warga belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Rosdiana196203101987032003
Call Number: 374.170 Sih u
Keywords: Orang Tua;Anak;Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6304

Actions (login required)

View Item View Item