MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN PLAYDOUGH DI TK-SDN SATU ATAP 040533 MEREK TAHUN AJARAN 2012/2013

Munthe, Haendryani (2012) MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN PLAYDOUGH DI TK-SDN SATU ATAP 040533 MEREK TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1104313004_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
1104313004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 1104313004_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1104313004_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 1104313004_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1104313004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 1104313004_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1104313004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 1104313004_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1104313004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 1104313004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
1104313004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 1104313004_BAB I.pdf]
Preview
Text
1104313004_BAB I.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 1104313004_BAB V.pdf]
Preview
Text
1104313004_BAB V.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 1104313004_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1104313004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah melalui kegiatan bermainplaydough dapat mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK-SDN SatuAtap 040533 Merek . Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahuibagaimana perkembangan kreativitas anak setelah diberikan permainanplaydough.Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas(PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan.Subjek penelitian tindakan kelas ini berjumlah 18 orang di TK-SDN 040533Merek Tahun Ajaran 2012/2013. Yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 9orang anak perempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan selama 3 bulan mulai Junisampai Agustus. Dengan alat pengumpul data yang digunakan oleh peneliti adalahlembar observasi. Adapun indikator yang dibuat yaitu rasa ingin tahu yang besar,orisinalitas tinggi, bersifat imajinatif, apresiasi seni, dan berani mengambil resiko.Tahapan yang dilakukan adlah pemberian tindakan siklus I, dan perolehan hasilpada siklus I adalah sebanyak 2 orang (11,2%) tergolong sangat kreatif, 10 orang(55,4%) tergolong cukup kreatif, dan 6 orang (33,4%) masih tergolong kurangkreatif. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat dilihat bahwa melaluibermain playdough belum secara optimal dapat mengembangkan kreativitas anak.Maka dilanjutkan ke siklus II, dari hasil analisis data siklus II diperoleh hasilbahwa anak tergolong cukup kreatif 7 orang (38,9%), anak tergolong kreatif yaitusebanyak 8 orang atau (44,4%) dan 3 orang atau (16,7%) tergolong sangat kreatif.Dari hasil temuan penelitian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwabermain playdough dapat mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TKSDNSatu Atap 040533 Merek tahun Ajaran 2012/2013. Dimana Melalui bermainplaydough dapat mengembangkan orisinalitas anak dalam berkaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 Mun m
Uncontrolled Keywords: Nermain; Satu Atap; Merek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 28 Jul 2016 04:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6285

Actions (login required)

View Item
View Item