MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DISERTAI MEDIA PUZZLE PADA MATERI POKOK PETA DAN KOMPONENNYA DI KELAS IV SD NEGERI NO. 023908 BINJAI TAHUN AJARAN 2012/2013

Syukri, Mauliddin (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DISERTAI MEDIA PUZZLE PADA MATERI POKOK PETA DAN KOMPONENNYA DI KELAS IV SD NEGERI NO. 023908 BINJAI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071211920414 COVER.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920414 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920414 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920414 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920414 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920414 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920414 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920414 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920414 BAB I.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920414 BAB V.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920414 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa khususnya pada materi pokok peta dan komponennya. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Sebagai faktor intrinsik motivasi belajar merupakan faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Umumnya siswa kurang termotivasi dalam memperlajari pelajaran IPS karena dianggap pelajaran yang membosankan. Selain itu, metode mengajar guru yang menggunakan metode ceramah membuat proses belajar mengajar menjadi kurang menarik, karena bersifat satu arah yaitu guru merupakan sumber utama dalam belajar. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, salah satunya yang dapat dilakukan guru adalah dengan menggunakan metode diskusi disertai dengan media puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan metode diskusi disertai media puzzle pada materi pokok peta dan komponennya di kelas IV SD Negeri No. 023908 Binjai Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tindakan menggunakan metode diskusi disertai media puzzle sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peta dan komponennya. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh Pada saat diberikan pretes diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar dari 32 orang siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 8 orang (25%) mendapat nilai tidak tuntas sedangkan 24 orang siswa (75%) yang mendapat nilai tidak tuntas dengan rata-rata nilai sebesar 56,25. Siklus I yang mendapat nilai tuntas sebanyak 15 orang (46,88%) mendapat nilai tidak tuntas sebanyak 17 orang siswa (53,12%) dengan nilai rata-rata 64,69. Siklus II sebanyak 29 orang siswa (90,63%) sedangkan 3 orang siswa (9,37%) yang mendapat nilai tidak tuntas dengan rata-rata sebesar 82,5. Berdasarkan dari hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan hasil belajar siswa pada materi pokok peta dan komponennya dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode diskusi disertai media puzzle di kelas IV SD Negeri 023908 Binjai TA 2012/2013. Oleh karena itu, disarankan Kepada guru agar menggunakan metode diskusi disertai media puzzle hendaknya memperhatikan langkah-langkah yang terdapat dalam pembelajaran metode diskusi disertai dengan media puzzle.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRitonga, Mastiana195409291978032001
Call Number: 372.83 Syu m
Keywords: Hasil Belajar; Metode Diskusi; Media Puzzle; Jenis Media; Materi Pelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6264

Actions (login required)

View Item View Item