MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI KELOMPOK B MELALUI MEDIA GAMBAR DI TK IPC KUTAPANJANG GAYO LUES T.A 2012/2013

Juliana, (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI KELOMPOK B MELALUI MEDIA GAMBAR DI TK IPC KUTAPANJANG GAYO LUES T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah : Apakan denganmenggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung anakusia dini kelompok B.Tujuan dalam penelitian ini adalah menjadi tujuanpenelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dinikelompok B melalui media gambar.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) alatpenelitian yang digunakan adalah observasi kemampuan berhitung anak danlembar observasi kegiatan guru. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 13 oranganak yang terdiri 8 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Tehnikanalisa data yang digunakan adalah statistik diskriptif.Hasil observasi dan refleksi pada siklus I selama II kali pertemuan setelah menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran maka diketahui bahwapeningkatan kemampuan berhitung anak pada pertemuan I yaitu sebanyak 6orang ( 46,2 % ) anak yang tergolong kurang, 6 orang ( 46,2 % ) anak yangtergolong cukup dan 1 orang ( 7, 6 % ) anak yang tergolong baikdan padapertemuan II sebanya 1 orang ( 7,60 % ) anak tergolong baik, 7 orang ( 53,9 %)tergolong cukup, 5 orang ( 38,5 %) masih tergolong kurang. Dari data hasilobservasi tersebut sehingga perlu dilakukan pembelajaran melalui media gambaryang lebih baik pada siklus II.Pada siklus II dilakukan perbaikan carapenyampaian pembelajaran oleh peneliti, namun tetap dengan kegiatanpembelajaran melalui media gambar. Setelah dilakukan tindakan siklus II selamaII kali pertemuan , maka diketahui bahwa peningkatan kemampuan berhitunganak meningkat yaitu, jumlah anak yang kemampuan berhitungnya padapertemuan I tergolong baik sekali 1 orang ( 7,6 % ), anak yang tergolong baikbertambah menjadi 6 orang ( 46, 2 % ), anak yang tergolong cukup menjadi 5orang ( 38,5 % ),dan anak yang tergolong kurang 1 orang (7,6%).Dan padapertemuan II anak tergolong baik sekali bertambah menjadi 5 orang ( 38,5 % ),anak tergolong baik bertambah menjadi 7 orang ( 53,9 % ), dan anak tergolongcukup menjadi 1 orang ( 7, 60 % ) .Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitunganak dapat meningkat melalui media gambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRay, Damaiwaty195710011982032002
Call Number: 374.22 Jul m
Keywords: kemampuan; berhitung; media gambar; pembelajaran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6261

Actions (login required)

View Item View Item