KAJIAN PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) KIMIA SMA NEGERI DI SUMATERA UTARA

Silaban, Saronom KAJIAN PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) KIMIA SMA NEGERI DI SUMATERA UTARA. -.

[img] Text
Kajian pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) kimia SMA.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0B)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan KTSP pada mata pelajaran kimia SMA Negeri di Sumatera Utara dan mengungkap pelaksanaan KTSP ditinjau dari aspek (1) Sosialisasi Kurikulum, (2) Penyusunan Silabus, (3) Penyusunan RPP, (4) Penyusunan Program Tahunan dan Semester, dan (5) Kegiatan Belajar Mengajar. Populasi penelitian adalah semua guru-guru kimia SMA Negeri di Sumatera Utara. Sampel penelitian berjumlah 96 orang guru kimia yang mewakili guru SMA Negeri di Sumatera Utara. Sampel penelitian ditentukan dengan random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket/kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik prosedural. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) indikator sosialisasi KTSP belum terlaksana dengan baik 31,82%, (2) indikator penyusunan silabus terlaksana cukup baik 77,27%, (3) indikator penyusunan RPP cukup terlaksana 86,36%, (4) indikator penyusunan program tahunan dan semester terlaksana cukup baik 95,45%, (5) indikator kegiatan pembelajaran terlaksana dengan baik 90,09%. Pelaksanaan KTSP pada mata pelajaran kimia SMA di Sumatera Utara terlaksana cukup baik 76,20% dan 23,64% belum terlaksana. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurangnya sosialisasi KTSP pada mata pelajaran kimia akan berdampak terhadap implementasi kurikulum itu sendiri, terkhusus implementasi KTSP pada mata pelajaran kimia SMA Negeri di Sumatera Utara.

Item Type: Article
Keywords: Kajian; KTSP; Kimia; SMA; Guru; Sumatera Utara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 31 Mar 2016 10:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item View Item